28.4 C
Jakarta
Sunday, October 2, 2022
spot_img

10 Makanan Ikan Koi Terbaik Agar Cepat Besar & Sehat

makanan ikan koi

Makanan Ikan Koi – Ikan koi merupakan ikan asal China, yang banyak dijadikan peliharaan dan dibudidayakan. Untuk mendapatkan bibit ikan yang berkualitas, makanan ikan koi yang tepat adalah hal penting.

Dengan fungsi dari metabolisme yang baik ketika berada di lingkungan dengan suhu di atas 21 derajat celcius, tentunya ikan ini butuh makanan dengan nutrisi lengkap. Terutama untuk membuatnya cepat tumbuh besar dan kualitas warna yang menarik.

Daftar Makanan Ikan Koi

Berikut ini, ada 10 referensi makanan alami untuk ikan koi yang bisa diberikan kepada ikan Koi yang dipelihara. Untuk mendapatkannya juga tidak sulit, pengolahannya pun sangat mudah. Penasaran apa saja makanan tersebut?

1. Kedelai

Trigliserida dan fosfolipid yang dimiliki kedelai, akan membantu pembentukan dinding sel pada tubuh ikan. Kandungan tersebut, sangat dibutuhkan oleh ikan koi supaya kondisi siripnya lebih kuat dan berkembang dengan baik.

Selain itu, memberikan makanan ikan koi berupa kedelai secara berkala dan dikolaborasikan dengan makanan lain akan membuat kondisi hati dan jantung jadi lebih baik.

2. Udang

Jika Anda ingin memiliki ikan Koi dengan warna yang lebih tajam dan indah, maka perlu asupan makanan untuk warna yang kandungannya bisa memaksimalkan produksi chromatophores.

Saat ikan kekurangan zat yang juga disebut pigmen warna itu, maka dalam pertumbuhannya bisa saja warna tubuh akan jadi pusat bahkan albino alias putih.

3. Kuning Telur

Larva koi sangat membutuhkan protein dari kuning telur untuk bertumbuh, makanya sangat disarankan untuk memberikan makanan ini secara rutin sesuai takaran yang tepat.

Tapi, sebaiknya lagi usai memberikan pakan Anda langsung membersihkan kolam ikan, Kuning telur, akan mudah membuat kolam menjadi keruh dan tentunya berbau amis, sehingga membuat ikan menjadi tidak nyaman.

4. Bekicot

Tidak dipungkiri lagi kalau sebagai hewan Omnivora, ikan juga bisa mengkonsumsi daging-dagingan salah satunya daging bekicot yang dihancurkan dan ditebar pada kolam.

Bekicot membantu memenuhi nutrisi tumbuh kembang ikan menjadi lebih baik, sehingga ikan akan cepat besar dan semakin bagus kualitas warnanya.

5. Cacing Sutera

Pakan yang satu ini merupakan kategori bagus untuk ikan koi yang sudah dewasa, sebagai makanan agar cepat besar.

Cacing sutera mengandung protein berupa asam amino penting, terutama untuk membantu proses reproduksi dimana sel telur maupun sperma yang punya kualitas maksimal.

Kekurangan protein, akan membuat pertumbuhan ikan menjadi terhambat. Makanya, jangan abaikan untuk memberikan jenis pakan yang satu ini.

6. Jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, vitamin tersebut sangat dibutuhkan oleh ikan koi yang sedang berada pada masa pertumbuhan.

Tapi, jika ingin memberikannya sebagai makanan pelengkap sebaiknya diberikan secara bertahap. Supaya tubuh ikan, bisa beradaptasi dengan buah tersebut dan memanfaatkan nutrisi dari jeruk untuk metabolisme tubuhnya.

7. Selada Air

Kandungan serat di dalam selada air, akan membantu memperlancar pencernaan dari ikan ini. Tapi, untuk merasakan manfaat dari selada air ini Anda cukup memberikannya dalam bentuk halus selama sekali seminggu saja.

Jika berlebihan memberikan makanan ikan koi ini juga tidak baik, karena pastinya akan membuat pencernaan terganggu dan rentan mengalami diare.

8. Kutu Air

Makanan yang berbentuk butiran kecil ini, ternyata punya kandungan penting yang dibutuhkan ikan koi. Disarankan, untuk memberi kutu air yang masih hidup supaya ikan bisa mendapatkan nutrisi segar dari makanan tersebut.

9. Cacing Darah

Untuk ikan koi yang sudah beranjak dewasa, memberikan cacing darah sangat disarankan. Cacing ini mengandung berbagai nutrisi yang akan memaksimalkan pertumbuhan ikan, ada lemak, protein, dan mineral di dalamnya.

Bagaimana cara mendapatkannya? Anda tidak perlu khawatir, karena kebanyakan toko yang menjual perlengkapan dan berbagai jenis ikan hias akan menyediakan makanan yang satu ini.

10. Bayam dan Kangkung

Dua sayuran yang sangat familiar ini, juga punya peran dalam perkembangan ikan koi. Ada pigmen warna yang membantu memaksimalkan warna pada tubuh ikan koi.

Kemudian ada juga kandungan serat dalam makanan ikan koi ini, pastinya akan membantu menjaga kondisi pencernaannya menjadi lancar tanpa masalah.

Baca Juga:

Cara Pemberian Pakan Anakan Ikan Koi

Cara Pemberian Pakan Anakan Ikan Koi

Untuk memberikan makanan untuk ikan koi, harus dilakukan dengan cara yang tepat dan durasi yang tepat juga.

Dimulai dengan memberikan makanan dua kali sehari, dengan takaran yang disesuaikan dengan umur dan ukuran tubuh ikan tersebut.

Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memberikan makanan alami ini hanya maksimal tiga kali seminggu, sebagai pelengkap dari makanan rutin berupa pelet yang bisa didapat di toko ikan hias.

Jika berlebihan memberikan makanan ikan koi, tentu akan membuat ikan mengalami masalah dalam pertumbuhannya karena makanan utama berupa pelet juga sudah memiliki kandungan tertentu.

Selain itu, setelah memberikan makanan ikan tersebut pastikan untuk mengecek kondisi kolam. Kalau air menjadi keruh segeralah ganti, agar ikan tetap nyaman berada di dalam habitatnya tersebut.

Trik Memilih Makanan Ikan Koi

Trik Memilih Makanan Ikan Koi

Walaupun banyak jenis makanan yang bisa diberikan kepada ikan koi, bukan berarti Anda bisa memberikannya sesuka hati.

Memilih makanan yang tepat tetap harus dilakukan, supaya tidak sampai mengganggu proses tumbuh kembang dari ikan tersebut.

Empat trik utama yang harus diperhatikan adalah:

1. Kualitas Pakan

Kualitas makanan ikan koi dilihat dari proses pembuatannya, kemudian bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya serta dimana Anda membeli makanan tersebut.

Bagaimana cara mengetahuinya? Tentu dengan memperbanyak informasi dari berbagai cara, baik dari internet, sesama pecinta ikan koi, hingga penjual makanan ikan.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan referensi makanan terbaik yang bisa diberikan sesuai kebutuhan ikan tersebut.

2. Umur Ikan

Anda juga perlu mengetahui umur ikan koi, sebelum memberikan makanan yang tepat. Untuk anakan, tentu kebutuhan makanan masih sangat terbatas dan bentuk makanannya juga harus lebih halus sehingga mudah dicerna oleh ikan.

Sedangkan untuk ikan dewasa, makanan yang diberikan bisa lebih variatif tergantung kondisi ikan dan nutrisi apa saja yang dibutuhkan.

Misalnya, untuk membuat ikan cepat tumbuh besar di usia dewasa akan beda makanannya dengan kebutuhan untuk memaksimalkan warnanya.

3. Kandungan Makanan

Sebenarnya makanan ikan koi instan yang tersedia untuk ikan koi, tapi tidak semua cocok untuk diberikan kepada ikan tersebut. Anda perlu memperhatikan komposisi dari makanan tersebut.

Pastikan makanan tersebut mengandung protein, vitamin, karbohidrat, lemak, dan juga mineral yang akan membantu ikan koi jadi lebih sehat, besar, dan memiliki warna terbaik yang dimilikinya.

4. Kolaborasi Makanan

Pastikan juga Anda melakukan kolaborasi yang tepat dalam memberikan makanan kepada ikan koi. Jangan monoton memberikan satu jenis makanan saja, bisa berakibat ikan kekurangan nutrisi tertentu.

Makanya sangat penting untuk melakukan kolaborasi makanan, terutama antara pakan instan yang kaya nutrisi dengan pakan alami yang mampu menunjang pemenuhan gizinya.

Sudah siap untuk memelihara ikan koi? Jangan lupa untuk memilih makanan ikan koi yang tepat. Berikan dengan jumlah yang sesuai dengan umur dan kebutuhan dari ikan koi, maka Anda akan memiliki ikan koi berkualitas untuk dijadikan peliharaan jangka panjang.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,508FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles