27 C
Jakarta
Saturday, April 1, 2023
spot_img

12 Cabang Sejarah Olahraga (Pengertian dan Asal-Usul)

sejarah olahraga

Sejarah Olahraga – Aktivitas fisik berupa olahraga adalah hal yang seru. Setiap cabang memiliki sejarah olahraga sendiri. Berikut adalah sejarah olahraga dunia yang populer.

Olahraga merupakan aktivitas yang menyatukan banyak masyarakat. Masing-masing sejarah olahraga memiliki catatan yang sangat panjang.

Awal mulanya seringkali hanya untuk bermain atau berperang. Namun kini, olahraga dijadikan kompetisi di ajang dunia.

Selain menyehatkan jasmani, olahraga juga dijadikan ajang untuk menghibur. Ada olahraga yang sifatnya bermain bersama lawan untuk membangun sportivitas.

Setiap cabang olahraga memiliki sejarah, ketentuan dan peraturan sendiri yang berlaku di seluruh dunia.

12 Macam Sejarah Olahraga

Berolit adalah berbagai macam sejarah olahraga dari era kuno hingga modern.

1. Sejarah Atletik

Atletik memiliki sejarah olahraga yang sangat tua dan berkembang sejak zaman Yunani kuno. Nama lain yang sering kita ketahui adalah olahraga lari.

Umumnya, atletik dilakukan dengan berlari mengelilingi stadion atau dari ujung ke ujung dengan jarak 100 meter atau lebih.

Olahraga atletik mendapatkan sambutan yang meriah di pesta olahraga bernama Olimpiade di Athena tahun 1896.

Dalam sejarah olahraga atletik, kemudian lahirlah berbagai variasi lari yang kita kenal dengan lari sprint, lari maraton, lari gawang dan lainnya.

2. Sejarah Badminton

Badminton adalah permainan yang berasal dari aktivitas tepok bola dalam waktu yang lama. Awalnya, olahraga ini diperkenalkan oleh istana Badminton di Inggris.

Kemudian permainan itu digelar secara terus menerus sehingga dibawa oleh tentara kerajaan ke negara lain.

Permainan pun ditambahkan net jaring di tengahnya. Pada tahun 1893, dibentuklah asosiasi badminton di Inggris yang menjadi asosiasi pertama.

Karena kepopuleran-nya ke seluruh dunia, akhirnya dibentuklah federasi dunia pada tahun 1934 bernama BWF atau Badminton World Federation.

3. Sejarah Bola Voli

Dulu, nama lain dari permainan voli adalah Mintonetta yang dikenalkan oleh William George.

Pertama kali, permainan ini diperkenalkan di Massachussets, Amerika Serikat pada tahun 1895. George yang merupakan instruktur olahraga menciptakan permainan ini untuk segala usia.

Sejarah olahraga Mintonetta pun berkembang dengan gagasan penambahan net di bagian tengah lapangan dengan tinggi 2 meter. Bola Mintonetter terbuat dari kulit dengan diameter 63 cm.

Nama permainan pun berubah menjadi voli di tahun 1896 berikut dengan aturan yang masih berlaku hingga sekarang.

Baca Juga:

4. Sejarah Sepak bola

Sejarah olahraga sepak bola yang sangat panjang dan dikenalkan pada sekitar abad ke-2 Masehi. Awalnya, permainan ini dimainkan oleh tentara Cina sebelum berperang.

Sejarah lain mengatakan bahwa sepak bola sudah ada di tahun 800 SM dan berkembang di Yunani dengan nama episkyro.

Tak hanya tentang menendang bola saja, perkembangan sepak bola pun sangat masif ke seluruh dunia. Tahun 1863, permainan ini resmi lahir dengan aturan yang berlaku secara internasional. Organisasinya adalah FIFA yang dibentuk tahun 1904 dan resmi mengadakan kejuaraan dunia di 1930.

5. Sejarah Bola Basket

Bola basket awalnya dibawa oleh James Naismith di tahun 1981. Pekerjaannya sebagai instruktur fisik membuatnya bisa menciptakan permainan ini.

James menulis berbagai peraturan terkait dengan permainan, kemudian memperkenalkan-nya ke YMCA.

Pertandingan publik bola bakset diadakan tahun 1892, kemudian dengan cepat menyebar di Amerika. Kemudian di tahun-tahun selanjutnya, basket menjadi permainan yang ditandingkan di sekolah menggunakan jajan berjaring. Dari situlah, basket dikenal dunia.

6. Sejarah Renang

Sejarah olahraga renang dikenalkan oleh Matthew Webb di tahun 1875 lantaran ia berhasil berenang di Teluk Inggris.

Lalu, renang dikenalkan secara resmi sebagai cabang olahraga pada Olimpiade Athena tahun 1896. Dari sanalah, terbentuk aturan-aturan resmi terkait olahraga renang.

Awalnya, renang hanya dilakukan dengan gaya dada saja. Lalu seorang perenang bernama Richmond Cavill mengenalkan renang dengan gaya bebas tahun 1902.

Perkembangan gaya renang semakin banyak sejak saat itu. Namun, umumnya renang menggunakan jarak 100 meter.

7. Sejarah Tenis

Tenis berasal dari kata tenez yang artinya adalah bersiap. Sejarah olahraga tenis dikenalkan pada abad ke-11 dan berkembang pesat di Eropa mulai abad ke-13.

Permainan pun semakin naik level dengan penggunaan raket bersenar bada abad ke-15 oleh orang Italia.

Semakin populer, sebuah organisasi tenis pun dibuat di Inggris pada tahun 1868. Lalu, 10 tahun kemudian dimulailah kejuaraan yang bergengsi di Inggris.

Dari situ, mereka membuat standar peraturan dari pertandingan hingga organisasi dunianya.

8. Sejarah Tenis Meja

Permainan tenis meja atau bola pingpong sangatlah unik karena menggunakan bola yang terbuat dari celluloid.

Dibawa bangsa Inggris tahun 1880, permainan ini menjadi olahraga alternatif bagi mereka saat musim dingin tiba di Inggris. Tenis meja dilakukan di ruangan tertutup.

Abad ke-19, tenis meja dibawa ke Amerika Serikat dan dibuatlah organisasi pada tahun 1902. Sejak saat itu, pingpong merambah ke negara lain selain benua Amerika dan Eropa.

Sejarah olahraga ini mencatat bahwa kejuaraan pertama diadakan di Inggris tahun 1926 lalu populer di Asia tahun 1950an.

9. Sejarah Tinju

Tinju adalah olahraga tarung yang sangat fenomenal di seluruh dunia. Olahraga ini termasuk ke dalam kategori bela diri yang terdiri dari dua petarung di dalam ring.

Satu orang tambahan akan bertindak sebagai seorang wasit yang akan memimpin pertandingan.

Tinju muncul di Mesir pada tahun 3000 SM. Sejarah olimpiade olahraga ini dimulai Yunani Kuno pada abad ke-7 SM.

Tahun 1880, tinju secara resmi dibagi ke dalam beberapa kelas. Organisasi tinju muncul dalam berbagai kelas. Lalu, dimulailah kejuaraan secara resmi di Amerika pada abad ke-20.

10. Sejarah Golf

Golf awalnya adalah permainan tongkat kayu yang memukul kerikil. Sejarah olahraga mencatat bahwa permainan ini dimainkan oleh orang Dinasti Tang di awal abad ke-7.

Di Eropa, asal golf malah sebagai tanda pertahanan saat melawan invasi dari bangsa lain. Sejarah lain mencatat bahwa permainan ini berasal dari Skotlandia, namun tidak diketahui kapan menjadi populer.

Golf dimainkan dengan tongkat dan memukul bola hingga masuk lubang. Jumlah lubangnya ada 18. Kini golf terkenal ke berbagai negara sebagai permainan yang mewah.

11. Sejarah Berkuda

Berkuda adalah aktivitas outdoor yang juga menjadi bagian dari olahraga. Cabang olahraga ini dimasukkan ke dalam berbagai event dan dilakukan oleh penunggang yang pro.

Sejarah praktek berkuda ini sudah ada sejak zaman primitif yakni Yunani Kuno dan Babilonia, 5000 tahun yang lalu.

Di Eropa, balap kuda menjadi olahraga yang menarik terutama pada abad pertengahan Renaissance. Mereka mendirikan sekolah khusus untuk berkuda dan menghasilkan penunggang hebat di tahun 1532.

Adapun pada zaman dulu, berkuda identik dengan aktivitas para bangsawan, namun kini bisa dilakukan oleh siapa saja.

12. Sejarah Panahan

Panahan sebenarnya adalah aktivitas yang sangat primitif karena dilakukan oleh manusia purba untuk bertahan hidup.

Namun, akhirnya panahan dijadikan perlombaan oleh orang Eropa Barat dengan menggunakan kayu pinus dan pelemparnya berupa tombak di sekitar tahun 9000 SM.

Tahun 1600, sejarah olahraga panahan menjadi populer di Inggris hingga dijadikan kejuaraan khusus. Organisasi panahan dibuat pada tahun 1760 d Inggris tahun 1760, disusul federasi internasionalnya yang dibuat tahun 1931. Panahan di Indonesia dikenalkan pada tahun 1953.

Kesimpulan Sejarah Olahraga

Sejarah olahraga akan selalu berkembang. Banyak cabang yang lahir dari satu kategori olahraga tertentu. Tren ini dipengaruhi oleh makin banyaknya populasi, rutinitas orang-orang di area tertentu dan orientasi hiburan masyarakat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,755FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles