32 C
Jakarta
Wednesday, December 7, 2022
spot_img

Bisa Tanpa Tombol, Begini Cara Restart HP OPPO yang Mudah

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja HP adalah dengan melakukan restart. 

Sistem kerja restart ini seperti memulai kembali sistem operasi pada ponsel terutama dari segala aktivitas yang dilakukan di dalamnya. Singkatnya dengan melakukan restart, ponsel akan secara otomatis mengatur kinerja sistem operasinya sendiri.

Aktivitas restart sangat mempengaruhi kinerja HP dalam menjalankan berbagai aplikasi dengan segala aktivitasnya. Dan perlu diketahui, Aktivitas restart ini tidak akan menghapus data yang ada pada perangkat sehingga tidak perlu khawatir. Maka dari itu, semua ponsel memiliki fitur restart entah itu melalui tombol fisik maupun tidak.

Seperti halnya brand OPPO. OPPO juga memiliki fitur restart HP yang dapat dengan mudah Anda gunakan. Ada beberapa cara restart HP OPPO yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kembali kinerja perangkat. 

Nah berikut ini ulasan lengkap mengenai cara restart pada HP OPPO yang dapat Anda ikuti.

cara restart hp oppo

Mengapa Perlu Melakukan Restart Pada Perangkat Ponsel?

Melakukan restart pada perangkat ponsel memang sangat perlu dilakukan. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan pada kondisi tertentu saja dan tidak perlu dilakukan terlalu sering. 

Ada beberapa kondisi di mana Anda perlu melakukan restart perangkat ponsel. Maka dari itu, sebelum memulai melakukan restart, cobalah pahami kondisi perangkat ponsel Anda.

Perangkat Tidak Respons Terhadap Sentuhan

Kondisi pertama adalah ketika perangkat ponsel OPPO Anda tidak memberikan respons terhadap sentuhan. Artinya ketika menyentuh atau mengklik layar ponsel, perangkat tidak melaksanakan perintah yang diberikan.

Hal ini mungkin saja disebabkan oleh aktivitas berlebih pada perangkat atau terlalu banyak perintah pada sistem operasi. Ini memang biasa terjadi ketika pengguna malas menutup jendela shortcut dan sejenisnya. 

Nah, pada saat-saat seperti ini aktivitas restart sangat diperlukan untuk memperbaiki kembali kinerja ponsel.

Perangkat Melambat

Hampir sama dengan kondisi pertama, masalah kedua ini juga disebabkan oleh kemalasan serta sikap masa bodoh pada perangkat ponsel. 

Kinerja berlebih pada sistem operasi menyebabkan kinerja perangkat melambat dan membuat ponsel semakin lemot bahkan not responding. Ketika Anda berada dalam kondisi ini, langkah yang paling tepat dilakukan adalah restart perangkat.

Perangkat Tidak Mengisi Daya

Ketiga, kondisi yang cukup membuat panik adalah ketika perangkat tidak mau melakukan pengisian daya. 

Anda bisa memeriksa kondisi charger atau terminal terlebih dahulu jika ponsel tidak melakukan pengisian. Namun jika bukan dikarenakan kedua hal tersebut, cobalah untuk melakukan restart pada perangkat.

Layar Ponsel Tiba-Tiba Error

Kondisi lainnya yang sering terjadi pada ponsel dan tidak kalah membuat ketar-ketir adalah ketika layar HP tiba-tiba mati atau error. 

Sepertinya kondisi inilah yang paling ditakutkan, terlebih ketika Anda sedang asyik berselancar di sosial media. Nah, saat menghadapi kondisi ini, jangan panik terlebih dahulu dan mulailah berpikir dengan tenang.

Sebelum mengambil langkah seperti membawa HP ke tempat service, manfaatkan fitur restart ponsel terlebih dahulu. 

Sama seperti yang dikatakan sebelumnya, kondisi seperti ini bisa saja terjadi karena kinerja ponsel yang melewati batas. Cobalah diamkan HP beberapa saat lalu restart perangkat OPPO Anda.

Cara Restart HP OPPO, Dijamin Mudah

Seperti yang sudah disebutkan berulang kali sebelumnya, kinerja ponsel yang terlalu berlebihan dapat membuat perangkat mengalami masalah. Semakin lama hal ini bahkan bisa menimbulkan kerusakan pada perangkat ponsel secara berkala jika berada dalam tekanan.

Untuk itu, Anda perlu melakukan mengatur ulang kinerja ponsel dengan cara restart HP OPPO. Lalu bagaimana caranya? Simak pada ulasan berikut.

Restart Menggunakan Tombol Fisik

Hampir semua ponsel memiliki tombol yang fungsinya untuk melakukan restart perangkat. Hanya saja posisinya mungkin berbeda-beda, tergantung tipe dan brand ponsel tersebut. 

Secara umum, restart menggunakan cara ini dapat dilakukan dengan menekan bersamaan tombol power dan volume. Ada juga tipe ponsel yang bisa merestart hanya menggunakan tombol power saja.

Pada HP OPPO, Anda hanya perlu memeriksa dan memastikan semua tombol fisik pada ponsel berfungsi dengan baik. Tekan tombol power bersamaan dengan volume atas dan tahan beberapa detik sampai layar ponsel menyala. 

Proses restart ini akan berlangsung beberapa saat, tidak memerlukan waktu yang lama. Cara ini paling mudah dilakukan untuk restart HP OPPO.

Restart Perangkat Tanpa Tombol

Jika tombol fisik  pada ponsel Anda tidak berfungsi dengan baik, coba gunakan cara kedua ini. 

Ya cara restart HP OPPO juga bisa tanpa memerlukan tombol fisik, yang mana Anda bisa restart perangkat ponsel Anda dengan memanfaatkan fitur lain pada HP. 

Alternatif ini dapat dilakukan dengan mudah dengan langkah simple dan tidak perlu waktu yang lama.

  • Alternatif pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka menu Pengaturan ponsel. Selanjutnya masuk ke Pengaturan Tambahan lalu klik menu Aksesbilitas.

Aktifkan menu ini dengan menekannya hingga berubah warna menjadi hijau dan klik OK. Selanjutnya Anda perlu memberi izin kontrol dan pada bagian bawah muncul ikon yang akan digunakan untuk restart perangkat HP OPPO. Klik ikon tersebut dan HP akan otomatis memulai ulang sistem operasinya.

  • Untuk alternatif selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melepas baterai ponsel. Ini berlaku jika tipe baterai pada ponsel Anda adalah removable atau bisa dilepas.

Seperti yang diketahui, jika baterai ponsel dilepas maka ponsel otomatis akan berhenti beroperasi. Ketika dipasang kembali, Anda dapat melakukan restart ulang. Jika tipe baterai ponsel Anda adalah non removable namun ini mencoba cara ini, mintalah bantuan service center.

Restart Menggunakan Bantuan Aplikasi

Cara restart HP OPPO yang lain adalah dengan memanfaatkan aplikasi tambahan. Alternatif ini dapat Anda coba jika kedua cara di atas tidak memungkinkan untuk dilakukan atau ingin hal yang baru. 

Aplikasi yang digunakan untuk restart HP OPPO adalah Fast Reboot yang bisa didapatkan di Play Store secara gratis.

Ketika Anda menginstal dan mengklik aplikasi ini, proses restart akan secara otomatis berlangsung. Tunggu beberapa saat hingga proses ini selesai dan kondisi ponsel Anda kembali seperti semula.

Restart Perangkat Secara Paksa

Alasan lain mengapa ponsel perlu di restart yaitu ketika device tiba-tiba mati atau layar menghitam. 

Dalam kondisi ini, Anda tentu tidak dapat melakukan cara-cara yang dipaparkan sebelumnya untuk merestart perangkat ponsel. Namun Anda bisa melakukan restart secara paksa dalam keadaan ponsel sedang mati total.

Pastikan tombol fisik pada ponsel berfungsi dengan baik, kemudian sambungkan dengan charger. Tunggu beberapa saat hingga HP sedikit mendingin, lalu tekan tombol power. Jika cara ini tidak mempan, lepas baterai ponsel untuk melakukan restart ulang.

Itulah beberapa cara restart HP OPPO yang dapat Anda coba untuk mengembalikan performa dan kondisi ponsel. 

Selalu periksa keadaan ponsel Anda dan jangan terlalu memforsir perangkat untuk bekerja keras. Serta rajinlah membersihkan cache dan sampah perangkat untuk meringankan kinerja ponsel.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,603FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles