25 C
Jakarta
Thursday, October 6, 2022
spot_img
Home Blog

Komunikasi Verbal dan Non Verbal–Pengertian, Jenis, Fungsi & Contohnya

0

komunikasi-verbal-dan-non-verbal

Komunikasi Verbal dan non Verbal Secara umum komununikasi adalah proses pertukaran pikiran atau penyampaian informasi dari penyebar pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan) secara lisan (oral) atau tertulis (written) dengan maksud dan tujuan tertentu.

Pesan yang disampaikan komunikator kepada komunikan tersebut dikemas dengan kata-kata (verbal) ataupun tanpa kata-kata (non-verbal).

Komunikasi verbal adalah komunikasi yang bentuk lisan maupun tulisan seperti simbul-simbul verbal.

Sedangkan, Komunikasi non verbal adalah komunikasi yang umumnyu menggunakan bahasa tubuh seperti gerakan tangan, ekspresi wajah, gelengan kepala, tanda, isyarat tindankan dan sebagainya.

Nah, untuk pembahasan lajut berikut kami sajikan sistem informasi mengenai komunikasi verbal dan non verbal, beserta dengan contoh dan penjelasannya.

Jenis-Jenis Komunikasi

Seiring dari perkembangan teknologi komunikasi, secara umum jenis-jenis komunikasi dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis utama yang berdasarkan bentuk penyampaianya.

Dua jenis klasifikasi jenis-jenis komuniksasi tersebut adalah komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal. Berikut ini adalah pembahasan dari kedua jenis komunikasi tersebut.

Pengertian Komunikasi Verbal (Verbal Communication)

komunikasi verbal dan non verbal.

Pengertian komunikasi verbal adalah bentuk komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan secara lisan (oral) atau tertulis (written).

Pengertian lain dari komunikasi verbal adalah suatu bentuk kegiatan percakapan atau penyampaian pesan maupun informasi dari seseorang kepada orang lain, baik itu dilakukan secara lisan maupun dengan cara tertulis.

Bentuk penyampaian pesan pada komunikasi verbal ini selain mengunakan simbol-simbol dari satu kata atau lebih sebagai medianya, biasanya juga menggunakan media bahasa.

Karena dengan bahasa dapat dengan mudah untuk menerjemahkan pikiran seseorang kepada orang lainnya.

Jenis Komunikasi Verbal

1. Sisi Pemberi

Jenis komunikasi verbal ini dilakukan dengan cara berbicara dan menulis ide pesan atau maksud tertentu yang berguna sebagai bahan informasi yang akan disampaikan kepada komunikan.

Hal yang dilakukan dari sisi pemberi ini juga disebut sebagai komunikasi aktif.

2. Sisi Penerima

Komunikasi jenis ini biasanya dilakukan dengan cara membaca dan mendengarkan.

Sisi penerima sebagai seorang yang menyerap ide, maksud, dan informasi dari pihak sisi pemberi. Hal ini juga bisa  disebut sebagai komunikasi pasif.

Fungsi Komunikasi Verbal

Fungsi Komunikasi Verbal
Fungsi Komunikasi Verbal

Secara umum komunikasi verbal mempunyai fungsi sebagai berikut:

1. Penamaan

Penamaan, maksudnya adalah untuk memudahkan dalam mengidentifikasi sebuah object, benda, tindakan ataupun orang.

Jika tanpa menggunakan komunikasi berbentuk bahasa seperti verbal, Anda akan mudah bingung saat mereferensi sesuatu.

2. Jalur Interaksi dan Transmisi Informasi

Sebagai alat untuk bertukar ide, pemikiran, karena komunikasi verbal lebih mudah digunakan.

Anda bisa menyampaikan informasi, emosi, empati, maksud dan berbagai hal lain hanya dengan menggunakan kata-kata atau kalimat.

3. Menonjolkan Artikulasi dan Intonasi

Komunikasi verbal cukup unik karena dalam menggunakan ungkapan bahasa, perbedaan artikulasi dapat menghasilkan arti yang beragam.

Karena hal unik ini tanpa melibatkan alat komunikasi selain verbal yang bisa memanfaatkan artikulasi yang lebih efektif.

4. Alat Sosialisasi yang Efektif

Karena komunikasi verbal pengunaanya terbilang mudah dan cukup efektif untuk menyampaikan maksud, banyak digunakan dan fleksibel, komunikasi ini sangat bermanfaat untuk bersosialisasi.

Hal seperti menyapa, diskusi, atau sekedar mengobrol dan sosial lain akan mudah dilakukan dengan mengunakan komunikasi verbal ini.

5. Sebagai Sarana Pengembang Bahasa

Karena seiring bejalanya waktu dunia ini semakin berkembang, sehingga banyak hal baru yang muncul dan perlu diidentifikasi termasuk komunikasi verbal ini.

Salah satu faktornya adalah perkembangan budaya yang menyebabkan berubah dan berkembangnya gaya bahasa hingga saat ini.

Komunikasi verbal menggunakan bahasa sehingga dapat mempengaruhi dalam proses perkembangan gaya bahasa komunikasi tersebut.

Kata gaul ataupun istilah internet merupakan dua contoh yang bisa dijadikan rujukan referensi.

Contoh Komunikasi Verbal

  • Surat-menyurat.
  • Membaca koran.
  • Berbicara melalui telepon.
  • Presentasi tugas di depan kelas kepada teman.
  • Membaca majalah.
  • Mendengarkan siaran radio.
  • Menonton televise.
  • Dan lain sebagainya.

Pengertian Komunikasi Non Verbal (Non Verbal Communicarion)

komunikasi verbal dan non verbal

Pengertian komunikasi nonverbal adalah proses komunikasi di mana penyampaian pesannya tidak menggunakan kata-kata.

Dengan kata lain, seorang pengirim informasi tidak menggunakan kata-kata dalam menyampaikan sesuatu yang diinginkannya akan tetapi menggunakan bahasa ekspresi wajah atau gerak tubuh tertentu untuk mengirimkan informasi yang ingin disampaikannya.

Para ahli di bidang ini biasanya mendefinisikan komunikasi nonverbal merupakan sebuah bentuk komunikasi yang  “tidak menggunakan kata” dengan ketat, dan tidak menyamakan komunikasi non-verbal dengan komunikasi nonlisan.

Jenis Komunikasi Non Verbal

1.  Komunikasi Objek

Komunikasi jenis ini adalah jenis komunikasi non verbal yang memanfaatkan benda sebagai medianya.

Sebagai contoh saat terjadi kecelakaan dijalan raya, polisi menggunakan sirine atau corong untuk menandai area tersebut sebagai bentuk tanda dan peringatan peringatan.

2. Komunikasi dengan Sentuhan

Komunikasi jenis ini biasanya digunakan untuk menunjukkan relasi dan reaksi antara orang yang terlibat dalam melakukan proses komunikasi tersebut.

Sebagai contoh ketika seseorang melakukan jabat tangan, berpelukan, pukulan dan lain sebagainya.

3. Komunikasi yang Memanfaatkan Waktu (Kronemik)

Jenis komunikasi ini biasnaya sulit digunakan untuk mengutarakan suatu maksud.

Pengunaan komunikasi dengan memmanfaatkan waktu ini biasanya digunakan pada kegiatan tertentu seperti komunikasi yang berhubungan dengan durasi.

Cara penerapan komunikasi ini dengan memanfaatkan waktu yang seharusnya normal akan tetapi dibuat lebih lama ataupun lebih sebentar.

4. Komunikasi dengan Gerakan Tubuh

Jenis komunikasi dengan gerakan tubuh merupakan jenis komunikasi yang paling sering dilakukan dan merupakan hal umum yang dilakukan seseorang untuk melengkapi komunikasi verbal.

Contoh dari komunikasi ini adalah dengan gaya tuhu, lirikan mata, ekspresi wajah, atau gerakan tangan dan bentuk pengungkapan isyarat lainnya yang mengunakan angota tubuh.

5. Komunikasi dengan Tempat dan Jarak (Proxemik)

Komunikasi jenis ini adalah jenis komunikasi yang menunjukkan seberapa dekat hubungan seseorang yang dapat dilihat berdasarkan jarak dan posisi fisik ketika hendak melakukan komunikasi, termasuk juga tempat dan lokasi posisi Anda berada.

Diana komunikasi dengan jarak atau juga disebut dalam ruang personal ini dapat dibedakan menjadi empat yaitu, jarak intim, jarak personal, jarak social, dan jarak publik.

6. Komunikasi dengan Suara

Jenis komunikasi dengan suara adalah jenis komnikasi yang hanya memanfaatkan timbulnya efek suara dan tanpa mengunakan suatu bahasa tertentu.

Suara tersebut biasanya digunakan untuk mengisyaratkan sesuatu saat dikombinasikan dengan komunikasi verval.

Contoh suara adalah “hmm” yang memberikan informasi atau makna ketika seseorang merasa bingung atau sedang berfikir.

Fungsi Komunikasi Non Verbal

Fungsi Komunikasi Non Verbal
Fungsi Komunikasi Non Verbal

1. Fungsi Repetasi

Perilaku nonverbal dapat mengulangi atau menegaskan daripada perilaku verbal.

Seperti halnya seseoranag menggelengkan kepala ketika mengatakan “Tidak”, dan menganggukkan kepala ketika mengatakan “Ya”, atau menunjukkan arah (dengan telunjuk) ke mana seseorang harus pergi untuk menemukan toilet.

2. Fungsi Subtitusi

Perilaku nonverbal dapat menggantikan perilaku verbal, karena tanpa berbicara seseorang bisa berinteraksi dengan orang lain.

Misalnya, seorang pengamen masuk ke dalam angkutan umum kemudian tanpa mengucapkan sepatah katapun seorang penumpang menggoyangkan tangan dengan telapak tangan mengarah ke depan sebagai pengganti kata “Tidak”.

Isyarat nonverbal yang menggantikan frasa atau kata inilah yang disebut sebagai emblem.

3. Fungsi Kontradiksi

Perilaku nonverbal dapat bertentangan atau membantah dengan perilaku verbal yang bisa memberikan makna lain terhadap pesan verbal.

Misalnya, seseorang memuji prestasi rekannya sambil mencibirkan bibir.

4. Fungsi Aksentuasi

Fungsi ini dapat menekankan, memperteguh, atau melengkapi perilaku verbal. Misalnya, menggunakan gerakan tangan, nada suara yang melambat atau meninggi ketika berpidato.

Isyarat nonverbal demikian ini disebut juga dengan affect display.

5. Fungsi Komplemen

Fungsi Komplemen dari perilaku nonverbal ini dapat meregulasi perilaku verbal.

Misalnya, saat kuliah akan berakhir, mahasiswa melihat jam tangan dua-tiga kali sehingga memberikan respon pada seorang dosen sehingga ia segera menutup kuliahnya.

Contoh Komunikasi Non Verbal

Seperti halnya komunikasi verbal yang ini adalah contoh daripada komuikasi non verbal.

  • Mengunakan bahasa tubuh, seperti mengangguk-anggukkan kepala dan lain sebagainya.
  • Mengunakan ekspresi wajah, seperti dengan tertawa, tersenyum, dan lain sebagainya.
  • Memakai lambing atau simbul, seperti pada seragam yang dipakai seseorang maka akan memberikan petunjuk identitas dan inforamasi dari pakaianya.

Akhir Kata

Nah, itulah penjelasan sindunesia.com mengenai berbagai ruang lingkup tentang komunikasi verbal dan non verbal beserta dengan pengertian, jenis, fungsi, dan contohnya.

Terimakasih semoga bermanfaat dapat membantu dalam belajar untuk memahaminya.

Incoming Search Terms

  • Komunikasi verbal dan non verbal

  • Contoh komunikasi verbal dan non verbal

  • Makalah komunikasi verbal dan non verbal

  • Perbedaan komunikasi verbal dan non verbal

  • Komunikasi verbal dan non verbal pdf

  • Pengertian komunikasi verbal dan non verbal

  • Jenis komunikasi verbal dan non verbal

  • Jurnal komunikasi verbal dan non verbal pdf

  • Teori komunikasi verbal dan non verbal

  • Komunikasi verbal dan non verbal adalah

  • Kelebihan dan kekurangan komunikasi verbal dan non verbal

  • Fungsi komunikasi verbal dan non verbal

  • Contoh makalah komunikasi verbal dan non verbal

  • Komunikasi verbal dan non verbal ppt

  • Bentuk komunikasi verbal dan non verbal

  • Jelaskan komunikasi verbal dan non verbal

  • Pengertian komunikasi verbal dan non verbal beserta contohnya

  • Perbedaan antara komunikasi verbal dan non verbal

  • Persamaan komunikasi verbal dan non verbal

  • Apa yang dimaksud komunikasi verbal dan non verbal

  • Definisi komunikasi verbal dan non verbal

  • Hubungan komunikasi verbal dan non verbal

  • Komunikasi verbal dan non verbal dalam organisasi

  • Komunikasi verbal dan non verbal jurnal

  • Jurnal perbedaan komunikasi verbal dan non verbal

  • Jurnal komunikasi verbal dan non verbal

  • Pengertian komunikasi verbal dan non verbal menurut para ahli

√ Macam-Macam Tang dan Fungsinya || Penjelasan [Lengkap]

0

macam-macam tang

Macam-Macam Tang–Tang adalah alat yang biasa digunakan dalam aktivitas yang berhubungan dengan dunia tekhnik seperti kelistrikan, mekanik otomotif, reparasi dan sebagainya.

Secara umum tang dapat digunakan untuk memegang, mencabut, memutar melonggarkan, atau memotong sebuah benda kerja.

Dalam konstruksinya tang dibuat dari bahan besi dan baja. Pada bagian gagangnya dilapisi dengan bahan karet yang keras bertekstur sebagai isolator agar tidak licin ketika digunakan.

Beberapa dari macam-macam tang memiliki ukuran kecil yang pas pada satu genggaman tangan.

Meski demikian, tang memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda sesuai dengan bentuk dan masing-masing modelnya.

Baik, pada artikel ini kita akan membahas mengenai macam-macam tang tersebut beserta dengan gambar dan fungsinya.

Macam-Macam Tang dan Fungsinya

Dari sekian bentuk dan model tang yang beragam, namun secaram umum tang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu tang pemotong (cutting pliers), tang penjepit (clamp pliers) dan tang pengunci (clocking pillers).

Diantara dari ketiga kategori tersebut terdapat beberapa model dan jenis diantaranya adalah:

  • Tang Kombinasi (Linesman)
  • Tang Potong (Diagonal)
  • Tang Lancip atau Tang Cucut (Long Nose)
  • Tang Buaya (Locking Pliers)
  • Tang Rivet
  • Tang Snap Ring / SPI
  • Tang Catut Kakaktua
  • Tang Burung
  • Tang Slip Joint
  • Tang Potong Kabel (Wire stripper)
  • Tang Press Hidrolik
  • Tang Press Manual
  • Tang Krone
  • Tang Pembulat
  • Tang Ampere

Nah, berikut adalah penjelasan mengenai macam-macam tang beserta dengan gambarnya.

1. Tang Kombinasi (Linesman)

macam-macam-tang-Tang-Kombinasi

Tang kombinasi adalah jenis tang yang paling banyak kegunaannya. Fungsi tang kombinasi adalah memegang, memotong, dan membengkokan benda kerja seperti, macam-macam baut, mur, sekrup dll.

Pada bagian ujung tang dapat digunakan untuk memotong kawat, fiber atau kabel tipis.

Sedangkan bagian tengah tang yang berbentuk oval bergerigi berfungsi sebagai pemutar dan penjepit benda kerja seperti mur dan baut.

Tang ini merupakan salah satu barang yang patut dimiliki di rumah, yang berfungsi dan membantu pekerjaan Anda dalam urusan tekhnik khususnya.

Pada umumnya di Indonesia model tang ini memiliki ciri khusus berwarna hitam dengan kombinasi gagang berwarna merah.

2. Tang Potong (Diagonal)

macam-macam-tang-Tang-Potong

Tang potong memiliki ciri rahang tajam yang berfungsi untuk memotong tali, kawat, ataupun kabel-kabel kecil.

Tang ini hampir sama fungsinya dengan tang kombinasi, hanya saja dalam cakupan yang lebih kecil.

Fungsi Tang potong bisa dibilang sama juga seperti gunting. Hanya saja dapat memotong benda-benda yang lebih keras dan spesifik.

3. Tang Lancip atau Tang Cucut (Long Nose)

macam-macam-tang-Tang-Lancip-atau-Tang-Cucut

Seperti namanya tang lancip ini memiliki bentuk rahang yang mirip dengan ikan cucut, dengan moncong pipih dan panjang.

Tang ini juga dikenal sebagai tang cucut yang berfungsi untuk penjepit dan mengelupas kawat atau kabel.

Selain itu tang cucut juga berfungsi untuk membuka tutupan pada benda-benda kerja yang terhalang atau sulit dijangkau.

#Taukah Anda: Alat Komunikasi, Dari Sederhana Sampai yang Super Cangih.

4. Tang Buaya (Locking Pliers)

macam-macam-tang-tang-buaya-Locking-Pliers

Tang buaya atau biasa disebut Tang jepit adalah jenis tang yang diciptakan tahun 1924 oleh William S. Petersen di Amerika Serkat.

Seiring perkembanganya tang ini mempunyai beragam bentuk dan model. Salah satu cirinya yaitu memiliki baut pengunci yang dapat mengatur keras atau lemahnya cengkeraman.

Fungsi tang buaya untuk memegang atau mencengkram komponen yang akan dibuka dengan cara memutarkan bagiannya.

Tang ini juga bisa digunakan untuk melonggarkan atau mengencangkan baut dan mur pengunci, dengan cara menekan tuas kecil di antara tuas genggaman tang buaya.

Alasan kenapa dinamakan tang buaya karena memang sesuai dengan bentuk bagian moncongnya yang mirip seperti buaya.

Perlu diketahui agar tidak salah sebut, meski demikian di luar negeri tang ini disebut dengan nama Locking Pliers bukan tang Crocodile Pliers.

5. Tang Rivetmacam-macam-tang-Tang-Rivet

Tang rivet merupakan jenis tang yang berfungsi untuk menancapkan atau menembakkan paku keling (rivet) pada dua benda yang ingin disatukan, seperti pada pembuatan lemari,rak, maupun mabel khususnya yang terbuat dari seng atau stanless.

Biasanya tang rivet ini dapat dibedakan menjadi dua tipe yaitu tang rivet biasa atau kaku dan tang rivet tipe fleksibel.

Untuk tipe fleksibel ini lebih enak karena bisa memasang paku rivet pada tempat yang sulit dijangkau.

Cara kerjanya hampir sama seperti baut dan mur. Hanya saja penyatuan objek benda menggunakan paku keling sifatnya permanen dan tidak menggunakan mur sebagai penguncinya.

6. Tang Snap Ring / SPI

macam-macam-tang-Tang-Snap-Ring-SPI

Tang Snap Ring adalah jenis tang yang fungsinya untuk menjepit circlip atau snap ring seperti halnya pada mesin bubut.

Tang jenis ini umumnya digunakan dalam mekanik otomotif. Model dari tang jenis ini ada dua macam, yakni ada yang bagian ujungnya bengkok dan ujungnya lurus.

Nama dari tang ini juga beragam ada yang menyebut dengan nama tang circlip, tang sirklip dan juga disebut tang SPI.

Dipasaran tang ini umum dikenal dengan model tang lurus buka tutup dan tang bengkok buka tutup.

7. Tang Catut Kakaktuamacam-macam-tang-Tang-Catut-Kakaktua

Seperti namanya, tang ini disebut tang kakak tua karena rahangnya berbentuk mirip dengan paruh burung kakaktua.

Tang kakaktua sering digunakan oleh para pekerja konstruksi bangunan untuk memotong kawat dan mencabut paku.

Selain itu jenis tang ini bisa juga digunakan untuk memotong kabel atau benda-benda lain yang berukuran kecil.

8. Tang Burung

macam-macam-tang-Tang-Burung

Tang burung memiliki rahang mirip menyerupai dengan paruh burung, dengan daya cengkram yang kuat dan pengungkitnya yang lebih panjang.

Penyebutan tang burung memang kurang umum, selain itu ada sebutan lain seperti tang air, waterpump plier, atau interlocking joint plier.

Tang burung biasa disebut juga tang pipa karena banyak dipakai pada pekerjaan yang berhubungan dengan material pipa air.

Jadi fungsi tang burung ini adalah untuk mencengkram dan memutar benda-benda yang berukuran cukup besar seperti pipa air yang memiliki dengan diameter yang besar.

Selain itu tang burung juga sering digunakan untuk menjepit klem pengikat berukuran besar seperti pada klem selang radiator.

Pada bagian tangkai tang burung terdapat slot dan pin yang dapat digeser dan disesuaikan, sehingga dengan mengeser tangkai tang tersebut, maka kita bisa menentukan ukuran-ukuran sesuai dengan keinginan.

9. Tang Slip Joint

macam-macam-tang-Pliers-Slip-Joint

Tang slip joint adalah jenis tang standar kendaraan beroda empat  dan juga motor, yang biasanya tang ini didapatkan sebagai bonus pada saat membeli mobil atau motor baru.

Fungsi tang slip joint adalah sebagai penggenggam atau pemutar benda kerja seperti mur, baut,kawat, pipa diameter kecil, ataupun plat.

Fungsinya tidak jauh berbeda dengan tang kombinasi namun dalam bentuk dan kegunaannya saja lebih simpel dan sederhana.

Dari hal itu, maka tang slip joint bisa digunakan untuk mencengkram bipa yang berdiameter lebih besar dari sebelumnya.

10. Tang Potong Kabel (Wire stripper)

macam-macam-tang-Tang-Potong-Kabel-Wire-stripper

Tang ini difungsikan untuk mengupas dan memeotong kabel. Bentuknya beragam, dengan memiliki tuju bagian bergerigi yang mirip seperti gunting dengan kedua sisi tajam seperti halnya mata gergaji.

Untuk memotong atau mengupas kabel kita tinggal memasukan kabel ke salah satu lubang yang ada.

Selanjutnya tinggal kita tekan atau diputar dulu agar potongannya lebih merata.

Dengan begitu, maka kulit kabel dapat dikupas dan dipotong sehingga hanya menyisakan kawat tembaganya saja.

11. Tang Press Hidrolik

macam-macam-tang-Tan- Press-Hidrolik

Tang Press atau Crimping Tool adalah jenis tang yang biasa digunakan para mekanik kelistrikan ataupun elektronika yang berfungsi untuk menyambungkan antara kabel dengan sepatu kabel atau skun.

Cara pengunaan tang press hidrolik lebih mudah dan hemat tenaga karena mempunyai tenaga pompa yang dapat melakukan press pada skun hingga tersambung dengan kabel.

Tang ini biasanya digunakan pada pemasangan kabel-kabel berukuran besar atau pada panel kabel aliran listrik bertegangan tinggi, dengan cara dipompa pada press skunnya.

12. Tang Press Manual

macam-macam-tang-Tang-Press-Manual

Hampir sama seperti tang press hidrolik, tang press manual adalah alat pres kabel yang memiliki cara kerja secara manual yang sepenuhnya digerakkan menggunakan tenaga tangan.

Tang press manual ini memiliki banyak pilihan tipe dan ukuran yang dapat digunakan untuk kabel skun yang berukuran kecil hingga sedang, yang mana tang tersebut berfungsi untuk mengkoneksikan kabel dengan skun kabel atau cable lug.

Pada umumnya tang press manual digunakan untuk melakukan penyambungan kabel-kabel kecil dan kabel bertegangan rendah sampai sedang.

13. Tang Krone

macam-macam-tang-Tang-Krone

Tang krone atau juga disebut dengan tang tusuk adalah jenis tang yang berfungsi untuk memasang dan mengkoneksikan kabel telpon pada terminal LSA-PLUS telpon.

Tang ini merupakan salah satu alat wajib yang harus dimiliki para teknisi di bidang perteleponan, jaringan perkabelan dan lain-lain.

Selain itu tang krone ini juga memiliki beberapa fungsi sekaligus yakni untuk memasukan kabel pada terminal krone, kemudian memotong kabel yang telah di masukan di terminal krone tersebut.

14. Tang Pembulat

macam-macam-tang-Tang-Pembulat

Sesuai namanya, tang pembulat atau tang pelintir digunakan untuk membulatakan kawat yang memiliki ciri-ciri berbentuk pendak (Chain Nose Pliers) dan panjang (Long Nose Pliers).

Fungsi utama tang ini adalah untuk menjepit, membengkokan atau membuat lengkungan bulat pada benda kerja, seperti wisalnya kawat-kawat kecil pada pembuatan aksesoris.

#KETAHUI JENIS MESIN LAS BESERTA GAMBAR, FUNGSI, KELEBIHAN & KEKURANGANNYA

15. Tang Ampere

macam-macam-tang-Tang-Ampere

Dalam bahasa Inggris, tang ampere disebut juga clamp meter adalah alat ukur yang digunakan di dunia electrical untuk mengukur arus listrik pada sebuah kabel konduktor yang  dialiri listrik.

Cara pengunaaanyapun mudah yaitu dengan, memutar utar atau setting saklar clamp meter ke posisi ampere, kemudian tekan trigger untuk membuka rahang penjepit clamp meter atau tang ampere.

Lalu jepitkan rahang penjepitnya pada konduktor kabel listrik yang diinginkan, terakhir baca nilai ampere yang tertera di layar clamp meter.

Dengan menggunakan alat ini kita mampu mengetahui berapa besar arus listrik yang mengalir pada kabel tanpa harus melepas atau mematikan arus listrik terlebih dahulu.

Penutup

Nah, itulah penjelasan mengenai macam-macam tang yang umum digunakan beserta dengan gambar, fungsi, dan penjelasannya, semoga dapat membantu dan bermanfaat dan terimakasih.

√ Pilihan MOBIL DIESEL PALING IRIT yang Patut Anda Miliki

0

mobil-diesel-paling-irit-Toy-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.ota-Land-Cruiser

Mobil Diesel Paling Irit–Mobil menjadi salah satu kebutuhan yang patut dimiliki setiap orang dikelasnya, apalagi seorang profesional dibidangnya. Karena sebuah kebutuhan, mobil juga sangat membantu  setiap aktifitas perjalanan menyengkan anda.

Disamping itu tidak jarang seorang pemilik mobil yang mengeluhkan akan borosnya konsumsi BBM kendaraannya, yang kemudian menjadi sebuah pertanyaan untuk menentukan mobil apa yang sebaiknya dimiliki.

Mobil diesel adalah mobil irit dan tangguh bertenaga yang bisa diandalkan. Ada banyak pilihan yang ditawarkan untuk anda dapatkan ketika hendak memiliki mobil mesin diesel yang irit dan bertenaga.

Macam-Macam Mobil Diesel Irit

Tertarik membelinya? Tentu sangat layak bagi anda untuk memilih beberapa mobil irit dengan performa tangguh yang diantaranya.

  • Toyota Land Cruiser
  • Mitsubishi Pajero Sport
  • Toyota Fortuner
  • Hyundai Santa Fe
  • Nissan Terra
  • Chevrolet Captiva
  • Isuzu Panther Grand Touring
  • Isuzu MU-X
  • Toyota Kijang Innova Diesel
  • Porsche Panamera
  • Porsche Macan Turbo PDK
  • Maserati Ghibli Diesel V6
  • BMW 520d Luxury
  • Mitsubishi Triton Athlete
  • Mitsubishi Triton 4×4
  • Isuzu D-Max
  • Chevrolet Colorado
  • Toyota Hilux Double Cabin
  • Nissan Navara
  • Hyundai Tucson
  • Hyundai H1
  • Renault Duster
  • Toyota Hilux Single Cabin
  • Mitsubishi L300
  • Isuzu Traga

Simak langsung beberapa jenis mobil diesel paling irit dan spesifikasinya berikut.

1. Toyota Land Cruiser

mobil-diesel-paling-irit-Toy-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.ota-Land-Cruiser
CarandBike.com

Mobil yang satu ini cukup digemari oleh masyarakat Indonesia, harga Toyota Furtuner belum ada apa-apanya dibandingkan mobil diesel yang satu ini. Pasalnya harga Toyota Land Cruiser di Indonesia dibanderol lebih dari dua Miliar Rupiah.

Harganya cukup mahal, karena Toyota telah dilengkapi dengan mesin diesel V8 berkapasitas 4.461cc yang mampu mengeluarkan tenaga 235 PS dan torsi 62.8 kgm.

Memang sesuai dengan harganya Toyota Land Cruiser juga menawarkan interior mewah dan beragam teknologi canggih yang menjadikan mobil ini layak disebut sebagai mobil diesel palin irit terbaik di Indonesia. 

2. Mitsubishi Pajero Sport

mobil-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Pajero-Sport-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.
en.responsejp.com

Mitsubishi Pajero Sport atau juga disebut Mitsubishi Challenger  adalah sebuah kendaraan yang dibuat oleh perusahaan Mitsubishi Motors. Generasi terbaru Pajero Sport ini telah diluncurkan di Indonesia sejak tanggal 29 Januari 2016 di Jakarta.

Mitsubishi menyediakan banyak sekali varian model Pajero Sport. Untuk tipe tertinggi mengusung mesin 2.4 Liter Mivec yang dilengkapi dengan Turbocharger dan Intercooled.

Kemampuan mesin diesel yang dimiliki mampu mengeluarkan tenaga sebesar 181 PS dan torsi 430 Nm. Selain itu, Mitsubishi menyediakan varian 4×4 dan 4×2 yang menjadikan Pejero Sport yang layak disebut sebagai mobil diesel paling irit terbaik di Indonesia.

Selain mesin diesel bertenaga besar juga memiliki interior premium yang kental dengan aura kemewahan. Sedangkan harganya dibanderol mulai dari Rp. 472 Jutaan sampai Rp. 680 Jutaan.

3. Toyota Fortuner

mobil-mesin-diesel-Toyota-Fortuner-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.
zigwheels.ae

Fortuner merupakan kendaraan tangguh dengan mesin diesel yang super irit serta dilengkapi dengan nuansa real SUV yang cocok untuk segala medan.

Selama ini Toyota Fortuner identik dengan menawarkan mobil yang serba mewah. Sesuai memang, harga mobil diesel ini terbilang cukup mahal. Dimana untuk varian diesel dibanderol mulai Rp.470 sampai Rp.593 Jutaan.

Selain itu, Toyota menyediakan varian bensin serta dua opsi sistem penggerak yang terdiri dari 4 × 2 dan 4 × 4. Kemudian untuk jantung pacunya, Fortuner Diesel ditenagai mesin berkapasitas 2.393cc yang bisa mengeluarkan tenaga 149,6 PS dan torsi sebesar 40.8 kgm.

4. Hyundai Santa Fe

mobil-mesin-diesel-Hyundai-Santa-Fe-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.Hyundai Santa Fe bisa menjadi pilihan paling tepat bagi masbro yang mencari mobil diesel paling irit terbaik di Indonesia. Mobil ini menawarkan varian bensin berkapasitas 2.4 Liter. Sedangkan untuk varian diesel mengusung mesin 2.2 CRDi berkapasitas 2.119cc.

Spesifikasi mesin tersebut membuat Hyundai Santa Fe mampu mengeluarkan tenaga sebesar 190 hp dan torsi 441 Nm. Pasalnya harga mobil diesel terbaik ini sangat mahal, yakni rentang harga mulai Rp. 557 Jutaan.

5. Nissan Terra

mobil-mesin-diesel-Nissan-Terra-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.
carsifu.my

Nissan Terra menyajikan kemewahan yang tak perlu diragukan lagi. Sebagai kategori mobil diesel paling irit terbaik di Indonesia ini menjadi pesaing Toyota Fortuner dan Pajero Sport. Harganya pun juga sama-sama mahal dengan banderol Rp. 464 sampai Rp. 661 Jutaan.

Mobil ini menawarkan ketangguhan mesin diesel dengan kapasitas 2.488cc yang mampu memproduksi tenaga sebesar 187 Horsepower dan torsi 450 Nm, yang mana tenaganya bisa menandingi mobil diesel terbaik di kelasnya.

6. Chevrolet Captiva

mobil-mesin-diesel-Chevrolet-Captiva-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.Chevrolet Captiva mobil SUV 7-seater merupakan jenis mobil yang mengusung mesin diesel berkapasitas 1.998cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 161 Horsepower dan torsi puncak sebesar 400 Nm.

Mobil Chevrolet Captiva bisa menjadi alternatif selain Fortuner ataupun Pajero Sport.

Terlebih mobil ini hadir membawa beragam fitur canggih interior maupun eksterior mewah yang mendukung untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang. Mobil Chevrolet Captiva membandrol harga sebesar Rp. 430.5 sampai Rp. 499.5 Juta.

Baca Juga :   Macam-Macam Alat Keselamatan Kerja-Lengkap Dengan Gambar dan Penjelasannya.

7. Isuzu Panther Grand Touring

mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.
mobil123.com

Jenis Panther Grand Touring merupakan varian tertinggi saat ini dari Isuzu Panther. Harga mobil diesel paling irit terbaik ini dibanderol sebesar Rp. 332.3 Jutaan. Apabila ingin yang lebih murah, tipe LS, LV, atau tipe smart bisa menjadi pilihan.

Namun bagi Anda yang mencari kenyamanan dan kemewahan, maka Panther Grand Touring merupakan pilihan terbaik yang sangat rekomended.

Panther Grand Touring menjunjung fitur yang lebih lengkap, sektor ini merangkup jantung pacu tenaga mesin 4JA1-L Direct Injection dengan Turbocharger. Pasalnya mesin tersebut berkapasitas 2.499cc dengan tenaga maksimal mencapai 80 PS dan torsi 19.5 kgm.

8. Isuzu MU-X

mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Isuzu MU-X, tipe mobil ini menjadi lawan tangguh bagi Fortuner dan Pajero Sport. Isuzu MU-X tersedia dalam 3 varian dengan harga mulai Rp. 477.3 Juta sampai Rp. 508.7 Juta.

Ketiganya tipe tersebut sama-sama ditenagai mesin Diesel berkapasitas 2.499cc yang dioptimalkan teknologi Intercooled VGS (Variable Geometry System) dan Turbo Charger.

Memang, performa mesinnya tak perlu diragukan lagi, karena tenaga maksimal yang bisa dikeluarkannya mencapai 136 PS dan torsinya mampu menembus 32.6 kgm.

9. Toyota Kijang Innova Diesel

mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Kijang Innova tersedia dua varian mesin, yakni bensin dan diesel. Untuk varian diesel ditenagai mesin 2 GD FTV 4 Cylinder In-Line, 16 valve DOHC with VNT Intercooler berkapasitas 2.393cc yang mampu produksi tenaga sebesar 149 PS dan torsi 34.9 kgm.

Mobil ini dikenal sangat nyaman, dimana didukung dengan interior mewah yang membuatnya semakin berkelas. Selain itu beragam fitur canggih telah disedialan, untuk harganya sendiri dibanderol mulai Rp. 338.3 Jutaan.

10. Porsche Panamera

mobil-mesin-diesel-paling-irit-Porsche-Panamera-mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Mendengar nama Porsche pasti akan berfikir mobil mewah yang harganya miliaran rupiah. Menariknya, Porsche juga memasarkan beberapa tipe mobil diesel, salah satunya adalah Porsche Panamera.

Mobil mewah ini tersedia dalam beberapa varian, salah satu diantaranya mengusung mesin diesel berkapasitas 2.967cc yang bisa menciptakan tenaga sebesar 250 Horsepower dan torsi 550 Nm.

Soal harga sesuai dengan keistimewaan yang ditawarkan, memang terbilang cukup mahal, karena harga mobil diesel paling irit terbaik ini rentang dua Miliar Rupiah.

11. Porsche Macan Turbo PDK

mobil-diesel-paling-irit-Porsche-Macan-Turbo-PDK-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Porsche-Panamera-mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Untuk Anda yang menginginkan memiliki mobil Porsche Macan Turbo PDK, siapkan uang sebesar Rp. 2.7 Miliar untuk mendapatkan satu unit mobil tersebut.

Bisa saja harganya lebih mahal, namun yang pasti mobil ini telah ditenagai dengan mesin diesel berkapasitas 2.967cc dengan tenaga sebesar 245 Horsepower dan torsi 580 Nm.

Mesin tersebut membuat mobil diesel paling irit terbaik ini semakin bisa diandalkan untuk berlari hingga kecepatan maksimal 230 km/jam.

12. Maserati Ghibli Diesel V6

mobil-diesel-paling-irit-Maserati-Ghibli-Diesel-V6t-mobil-diesel-paling-irit-Porsche-Macan-Turbo-PDK-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Porsche-Panamera-mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.Tidak jauh berbeda dengan Porsche Macan Turbo PDK ,satu lagi mobil diesel dengan harga miliaran rupiah, yakni Maserati Ghibli.

Mesin yang dipakainya bukanlah mesin ecek-ecek, karena Maserati melengkapinya dengan mesin diesel V6 berkapasitas 2.987cc yang bisa memproduksi tenaga sebesar 275 Horsepower dan Top Speed mencapai 250 km/jam.

Maserati Ghibli juga memiliki interior yang sangat mewah, sehingga sebanding dan cocok dengan harganya yang mencapai Rp. 3.2 Miliar Rupiah.

13. BMW 520d Luxury

mobil-diesel-paling-irit-BMW-520d -Luxury-mobil-diesel-paling-irit-Maserati-Ghibli-Diesel-V6t-mobil-diesel-paling-irit-Porsche-Macan-Turbo-PDK-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Porsche-Panamera-mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Secara universal di Indonesia harga sedan mewah BMW tersebut dibanderol sebesar Rp. 1.15 Miliar Rupiah.

Sedangkan spesifikasinya mengusung tenaga mesin diesel berkapasitas 1.995cc dengan tenaga 190 Horsepower dan torsi 400 Nm. Mobil diesel jenis ini juga mampu berakselerasi dengan kecepatan maksimum 235 km/jam.

Bicara soal kemewahan tak perlu diragukan lagi, karena pastinya sangat mewah istimewa sesuai ciri khas mobil BMW selama ini.

14. Mitsubishi Triton Athlete

mobil-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-Athlete-mobil-diesel-paling-irit-BMW-520d -Luxury-mobil-diesel-paling-irit-Maserati-Ghibli-Diesel-V6t-mobil-diesel-paling-irit-Porsche-Macan-Turbo-PDK-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Porsche-Panamera-mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Berikutnya mobil diesel paling irit adalah Mitsubishi Triton Athlete. Mobil Double Cabin ini dipasarkan dengan harga Rp. 446 Juta untuk varian manual dan Rp. 460 Juta untuk tipe matic.

Mesin yang dipakainya mampu bersaing  dengan tenaga Pajero Sport. Dimana Mitsubishi dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 2.477cc yang dioptimalkan Intercooler dan Turbocharger untuk menghasilkan tenaga maksimal 178 PS dan torsi 400 Nm.

15. Mitsubishi Triton 4×4

mobil-mesin-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-4×4-mobil-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-Athlete-mobil-diesel-paling-irit-BMW-520d -Luxury-mobil-diesel-paling-irit-Maserati-Ghibli-Diesel-V6t-mobil-diesel-paling-irit-Porsche-Macan-Turbo-PDK-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Porsche-Panamera-mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Untuk mendapatkan mobil diesel paing irit terbaik ini, Anda butuh mengeluarkan uang Rp. 326 Juta untuk varian Single Cabin,sedangkan varian Double Cabin dibanderol rentang harga Rp. 382 Juta sampai Rp. 445 Juta.

Harga mobil diesel terbaik ini memang terbilang mahal, namun sesuai dengan fiturnya yang lengkap. Belum lama ini Mitsubishi juga meluncurkan Triton terbaru yang menjunjung desain Dynamic Shield sama seperti Mitsubishi Xpander.

16. Isuzu D-Max

mobil-mesin-diesel-Isuzu-D-Max-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-4×4-mobil-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-Athlete-mobil-diesel-paling-irit-BMW-520d -Luxury-mobil-diesel-paling-irit-Maserati-Ghibli-Diesel-V6t-mobil-diesel-paling-irit-Porsche-Macan-Turbo-PDK-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Porsche-Panamera-mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Isuzu MU-X  biasa disebut sebagai rajanya mobil diesel paling irit terbaik karena memang tepat diberikan pada Isuzu. Semua produknya dilengkapi mesin diesel yang bertenaga hemat BBM.

Nah, salah satu mobil diesel terbaik yang diluncurkan Isuzu adalah D-MAX ini. Mobil double cabin ini dibekali kapasitas mesin yang sama dengan Isuzu MU-X.

Mobil ini juga tersedia dalam macam-macam varian dengan rentang harga Rp. 238 Juta sampai Rp. 551.8 Juta. Untuk varian termurah adalah versi Single Cabin dan versi termahal adalah tipe D-MAX Rodeo.

Baca Juga :   Pengertian Mesin Gerinda–Sejarah, Fungsi, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

17. Chevrolet Colorado

mobil-diesel-paling-irit-Chevrolet-Colorado-mobil-mesin-diesel-Isuzu-D-Max-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-4×4-mobil-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-Athlete-mobil-diesel-paling-irit-BMW-520d -Luxury-mobil-diesel-paling-irit-Maserati-Ghibli-Diesel-V6t-mobil-diesel-paling-irit-Porsche-Macan-Turbo-PDK-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Porsche-Panamera-mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Mobil double cabin ini menawarkan dalam dua varian. Yang mana varian tertinggi hadir membawa mesin diesel berkapasitas 2.776cc yang mampu memproduksi tenaga sebesar 200 Horsepower dan torsi puncak 500 Nm.

Bisa dikatakan Chevrolet Colorado adalah mobil double cabin paling bertenaga dikelasnya. Kemudian soal harga, Chevrolet membanderol varian 2.8 Liter sebesar Rp. 523.5 Juta.

Selain itu, tersedia juga varian 2.5 Liter yang sama-sama ditenagai mesin diesel dan untuk harganya dibanderol Rp. 411 Juta.

18 Toyota Hilux Double Cabin

mobil-diesel-paling-irit-Toyota-Hilux-Double-Cabin-mobil-diesel-paling-irit-Chevrolet-Colorado-mobil-mesin-diesel-Isuzu-D-Max-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-4×4-mobil-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-Athlete-mobil-diesel-paling-irit-BMW-520d -Luxury-mobil-diesel-paling-irit-Maserati-Ghibli-Diesel-V6t-mobil-diesel-paling-irit-Porsche-Macan-Turbo-PDK-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Porsche-Panamera-mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Ketangguhan Toyota Hilux sebagai mobil diesel paling irit terbaik di Indonesia tak perlu diragukan lagi. Mobil ini memakai mesin diesel yang persis dengan Toyota Fortuner, sehingga keduanya sama-sama bertenaga tangguh.

Disamping itu, mobil double cabin ini juga dilengkapi sistem penggerak 4×4 dan dibekali interior mewah yang membuat harganya relatif sangat mahal.

Dimana untuk varian terendah dibanderol haraga sebesar Rp. 411 Jutaan dan varian tertinggi mencapai Rp. 470 Jutaan.

19. Nissan Navara

mobil-mesin-diesel-Nissan-Navara-mobil-diesel-paling-irit-Toyota-Hilux-Double-Cabin-mobil-diesel-paling-irit-Chevrolet-Colorado-mobil-mesin-diesel-Isuzu-D-Max-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-4×4-mobil-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-Athlete-mobil-diesel-paling-irit-BMW-520d -Luxury-mobil-diesel-paling-irit-Maserati-Ghibli-Diesel-V6t-mobil-diesel-paling-irit-Porsche-Macan-Turbo-PDK-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Porsche-Panamera-mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Nissan Navara kembali hadir meluncurkan mesin diesel berkapasitas 2.488cc yang sanggup memproduksi tenaga sebesar 190 Horsepower dan torsi 450 Nm. Mesin tersebut dilengkapi VGS Turbo dan Intercooler dengan sistem pengerak 4 × 4, pastinya tenaga yang dihasilkan sangat besar.

Selain itu, Nissan melengkapi mobil Double Cabin ini memiliki beragam fitur keselamatan, seperti Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), Vehicle Dynamic control (VDC), & Hill Descent Control (HDC), ABS, EBD, BA, dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan untuk harga jualnya dibanderol mulai Rp. 424 Juta sampai Rp. 486 Juta.

20. Hyundai Tucson

mobil-mesin-diesel-Hyunda- Tucson-mobil-mesin-diesel-Nissan-Navara-mobil-diesel-paling-irit-Toyota-Hilux-Double-Cabin-mobil-diesel-paling-irit-Chevrolet-Colorado-mobil-mesin-diesel-Isuzu-D-Max-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-4×4-mobil-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-Athlete-mobil-diesel-paling-irit-BMW-520d -Luxury-mobil-diesel-paling-irit-Maserati-Ghibli-Diesel-V6t-mobil-diesel-paling-irit-Porsche-Macan-Turbo-PDK-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Porsche-Panamera-mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Harga mobil diesel paling irit terbaik ini lebih murah dibandingkan Hyundai Santa Fe. Meskipun demikian, Hyundai Tucson tetap memiliki interior mewah yang dilengkapi dengan Panoramic Sunroof dan beragam fitur canggih lainnya.

Kemudian untuk jantung pacunya menggunakan tenaga mesin Diesel 1.995cc yang mampu menghasilkan tenaga 176 horsepower dan torsi 400 Nm.

Mobil ini hanya mampu menampung lima penumpang dan harganya dibanderol Rp. 467 Juta Rupiah untuk varian XG CRDi bertransmisi otomatis.

21. Hyundai H1

mobil-mesin-diesel-Hyundai-H1-mobil-mesin-diesel-Hyunda- Tucson-mobil-mesin-diesel-Nissan-Navara-mobil-diesel-paling-irit-Toyota-Hilux-Double-Cabin-mobil-diesel-paling-irit-Chevrolet-Colorado-mobil-mesin-diesel-Isuzu-D-Max-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-4×4-mobil-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-Athlete-mobil-diesel-paling-irit-BMW-520d -Luxury-mobil-diesel-paling-irit-Maserati-Ghibli-Diesel-V6t-mobil-diesel-paling-irit-Porsche-Macan-Turbo-PDK-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Porsche-Panamera-mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Salah satu kelebihan Hyundai H1 adalah memiliki kabin yang cukup luas. Interiornya juga mewah dan didukung beragam fitur yang membuat kenyamanan dalam berkendara.

Lalu untuk jantung pacunya ditenagai mesin berkapasitas 2.497cc dengan tenaga maksimal sebesar 136 PS dan torsi 34.1 kgm. Disamping sebagai mobil diesel paling irit ini juga tersedia dalam varian bensin.

Nah bagi Anda yang lebih memilih Hyundai H1 diesel, untuk membeli tipe terendah maka harus menyiapkan uang sebesar Rp. 494 Juta sedangkan tipe tertinggi mencapai Rp. 604 Juta.

22. Renault Duster

mobil-diesel-paling-irit-Renault-Duster-mobil-mesin-diesel-Hyundai-H1-mobil-mesin-diesel-Hyunda- Tucson-mobil-mesin-diesel-Nissan-Navara-mobil-diesel-paling-irit-Toyota-Hilux-Double-Cabin-mobil-diesel-paling-irit-Chevrolet-Colorado-mobil-mesin-diesel-Isuzu-D-Max-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-4×4-mobil-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-Athlete-mobil-diesel-paling-irit-BMW-520d -Luxury-mobil-diesel-paling-irit-Maserati-Ghibli-Diesel-V6t-mobil-diesel-paling-irit-Porsche-Macan-Turbo-PDK-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Porsche-Panamera-mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Harga mobil diesel paling irit terbaik ini sangat masuk rasional dikelasnya. Renault Duster membanderolnya dengan harga mulai Rp. 275 Juta sampai Rp. 441 Juta.

Untuk varian tertinggi mengusung mesin diesel dengan kapasitas 1.461cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 109 Horsepower dan torsi 245 Nm.

Mobil ini digolongkan sangat hemat BBM karena bekerja dengan konsumsi bahan bakar sekitar 16.8 km/liter saat berkendara di dalam kota dan 20.4 km/liter di jalan tol.

23. Toyota Hilux Single Cabin

mobil-diesel-paling-irit-Toyota-Hilux-Single-Cabin-mobil-diesel-paling-irit-Renault-Duster-mobil-mesin-diesel-Hyundai-H1-mobil-mesin-diesel-Hyunda- Tucson-mobil-mesin-diesel-Nissan-Navara-mobil-diesel-paling-irit-Toyota-Hilux-Double-Cabin-mobil-diesel-paling-irit-Chevrolet-Colorado-mobil-mesin-diesel-Isuzu-D-Max-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-4×4-mobil-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-Athlete-mobil-diesel-paling-irit-BMW-520d -Luxury-mobil-diesel-paling-irit-Maserati-Ghibli-Diesel-V6t-mobil-diesel-paling-irit-Porsche-Macan-Turbo-PDK-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Porsche-Panamera-mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Toyota Hilux Single Cabin tersedia dalam dua varian, yang termurah mengusung mesin bensin berkapasitas 1.998cc dan varian termahal dengan tenaga mesin diesel 2GD-FTV, 4 Cylinders, In Line 16-valve DOHC berkapasitas 2.494cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 102 PS dan torsi 20.4 kgm.

Harga mobil pick up bermesin diesel irit ini juga relatif terjangkau dengan harga Rp. 234 Jutan Anda dapat memilikinya.

Menariknya lagi, mobil diesel paling irit terbaik tersebut telah dilengkapi fitur keselamatan berupa sistem pengereman ABS + EBD, dan Dual SRS Airbag yang membuat kenyamanan dalam berkendara anda.

24. Mitsubishi L300

mobil-mesin-diesel-paling-irit-Mitsubishi-L300-mobil-diesel-paling-irit-Toyota-Hilux-Single-Cabin-mobil-diesel-paling-irit-Renault-Duster-mobil-mesin-diesel-Hyundai-H1-mobil-mesin-diesel-Hyunda- Tucson-mobil-mesin-diesel-Nissan-Navara-mobil-diesel-paling-irit-Toyota-Hilux-Double-Cabin-mobil-diesel-paling-irit-Chevrolet-Colorado-mobil-mesin-diesel-Isuzu-D-Max-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-4×4-mobil-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-Athlete-mobil-diesel-paling-irit-BMW-520d -Luxury-mobil-diesel-paling-irit-Maserati-Ghibli-Diesel-V6t-mobil-diesel-paling-irit-Porsche-Macan-Turbo-PDK-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Porsche-Panamera-mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Pasti Anda tak asing  lagi dengan mobil Pick Up yang tipe ini. Yah, Mitsubishi L300 merupakan salah satu mobil pick up mesin diesel paling irit terbaik di Indonesia.

Mobil ini menggunakan mesin legendaris Cyclone 2.500cc yang telah diakui ketangguhannya. Dari segi desain memang terlihat jadul, namun performa mesinnya teruji sangat bertenaga saat dipakai membawa berbagai beban berat.

Untuk harga jualnya dibanderol mulai Rp. 173 Juta sampai Rp. 177.5 Juta, sehingga tergolong sebagai mobil diesel yang murah dan ramah dikantong.

25. Isuzu Traga

mobil-diesel-paling-irit-Isuzu-Traga-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Mitsubishi-L300-mobil-diesel-paling-irit-Toyota-Hilux-Single-Cabin-mobil-diesel-paling-irit-Renault-Duster-mobil-mesin-diesel-Hyundai-H1-mobil-mesin-diesel-Hyunda- Tucson-mobil-mesin-diesel-Nissan-Navara-mobil-diesel-paling-irit-Toyota-Hilux-Double-Cabin-mobil-diesel-paling-irit-Chevrolet-Colorado-mobil-mesin-diesel-Isuzu-D-Max-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-4×4-mobil-diesel-paling-irit-Mitsubishi-Triton-Athlete-mobil-diesel-paling-irit-BMW-520d -Luxury-mobil-diesel-paling-irit-Maserati-Ghibli-Diesel-V6t-mobil-diesel-paling-irit-Porsche-Macan-Turbo-PDK-mobil-mesin-diesel-paling-irit-Porsche-Panamera-mobil-mesin-diesel-Toyota-Kijang-Innova-Diesel-mobil-mesin-diesel-Isuzu-Panther-Grand-Touring-mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.-mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.-mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

Isuzu Traga bagi Anda yang sedang mencari mobil pick up modern dengan mesin diesel paling irit dan bertenaga, maka Isuzu Traga juga menjadi pilihan paling tepat.

Pick up ini juga memiliki kapasitas bak yang luas, sehingga bisa diandalkan untuk mengangkut hasil perkebunan, material bangunan, ataupun yang lainnya.

Kemudian untuk kemampuan jantung pacunya ditenagai mesin diesel 2.500cc dengan tenaga sebesar 80 PS dan torsi 19.5 kg. Sedangkan untuk harganya sendiri, mobil diesel paling irit ini dibanderol sekitar Rp. 190 Juta Rupiah.

Penutup

Nah, Itu dia Toppers, deretan mobil mesin diesel paling irit yang bisa Anda andalkan dan jadikan pilihan sebagai daily driver barumu. Jadi, mana yang paling menarik perhatian serta sesuai budget dan kebutuhan Anda?

Dan masih banyak lagi beberapa mobil lainya seperti, mobil diesel paling irit-mobil 1500 cc paling irit-mobil paling irit-mobil paling bandel dan irit-mobil irit bbm-mobil paling irit 2017-mobil paling irit-mobil bekas paling irit dan bandel.-mobil bekas paling irit dan bandel-mobil 1300 cc paling irit-mobil 1300cc-mobil 7 seater paling irit-mobil mpv paling irit.-mobil paling irit bahan bakar-mobil irit bbm-mobil sedan paling irit dan bandel.

Mobil tahun 2000 paling irit-mobil irit bbm tahun 2000 an-mobil pick up paling irit-mobil pick up paling irit.-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil diesel paling irit dan bandel-mobil tua paling irit.-mobil jadul paling bandel-mobil 4wd paling irit-mobil 4wd paling irit-mobil sedan tahun 90 an paling irit.-mobil sedan paling irit tahun 90an-mobil keluarga paling irit dan bandel-mobil irit bbm-mobil suv bekas paling irit.

Mobil suv murah-mobil tahun 90 an yang paling irit-mobil sedan paling irit tahun 90an.-mobil pick up paling irit di Indonesia-mobil pick up paling irit-mobil city car paling irit-mobil paling irit.-mobil paling irit bensin-mobil paling irit-mobil 2000 cc paling irit.

√ Macam-Macam alat Keselamatan Kerja Lengkap Dengan Penjelasannya

0

Alat Keselamatan Kerja

Alat Keselamatan Kerja – Di Indonesia banyak profesi seseorang yang bekerja pada proyek perusahaan.

Seperti pada tambang minyak migas (minyak gas), tambang terbuka (open it), pertambangan bawah tanah (underground) dan sejenisnya.

Pekerjaan dalam proyek perusahaan memiliki gaji yang cukup besar dan beberapa tunjangan lain yang menggiurkan, hal ini yang menjadikan banyak minat masyarakat untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Kita ketahui bahwa pekerjaan bagian konstruksi, pertambangan, migas ternyata rawan dan resiko  terjadi kecelakaan kerja.

Kecelakaan dalam bekerja tentu akan banyak menimbulkan kerugian, baik kerugian materi, kelangsungan operasional terhambat, dan resiko terbesar-nya yaitu timbulnya korban jiwa.

Disamping itu manusia merupakan sebuah sumber daya utama dan tak ternilai harganya. Oleh karenanya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja maka diperlukannya beberapa alat keselamatan kerja.

Macam-Macam Alat Keselamatan Kerja

Adapun beberapa alat keselamatan kerja (APD) yang sering dipakai di sebuah perusahaan proyek konstruksi, bangunan, pertambangan dan migas sebagai berikut.

  • Helm Pengaman (Safety Helmet)
  • Rompi Reflektor (Safety Vest)
  • Sepatu Pengaman (Safety Shoes)
  • Kacamata Pengaman (Safety Goggles/Glasses)
  • Penyaring Udara (Safety Masker/Masker Respirator)
  • Sarung Tangan Pengaman (Safety Gloves)
  • Pengaman Telinga (Ear Plugs)
  • Penutup Telinga (Ear Muffs)
  • Lampu Kepala (Head Lamp)
  • Penyelamat Mandiri (Self Rescuer)
  • Sepatu Boot (Safety Boot)
  • Tali Pengaman (Safety Harness)
  • Sabuk Pengaman (Safety Belt)
  • Jas Hujan (Raincoat)
  • Pelampung (Lifevest)

Berikut adalah penjeasan selengkapnya.

1. Helm Pengaman (Safety Helmet)

alat keselamatan kerja-safety helmet-helm pengaman
(freepik.com)

Helm pengaman atau Safety Helmet merupakan alat keselamatan kerja helm yang berfungsi sebagai pengaman utama untuk melindungi kepala dari jatuhan dan benturan benda secara langsung.

Perlengkapan keselamatan ini adalah perlengkapan yang cukup vital bagi para pekerja didunia proyek, konstruksi, pertambangan, ataupun migas.

Alat keselamatan  kerja ini  sangat membantu, karena sifatnya yang melindungi kepala dari bahaya terbentur benda keras seperti batu ataupun pipa besi yang jatuh ketika para pekerja berada di area kerja.

Safety Helmet memiliki berbagai desain dengan beberapa bentuk yang berbeda sesuai dengan fungsinya masing-masing. Selain itu, warna helm yang digunakan menunjukkan jenis bagian pekerjaannya.

2. Rompi Reflektor (Safety Vest)

alat keselamatan kerja-Rompi Reflektor (Safety Vest)
(freepik.com)

Safety Vest, merupakan alat keselamatan kerja berupa rompi yang diengkapi dengan iluminator, yaitu sebuah bahan yang dapat berpendar jika terkena cahaya.

Bahan berpendar ini akan memudahkan untuk saling mengenali posisi pekerja ketika berada dalam keadaan gelap dan berguna mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan kontak berbahaya atau tabrakan.

Selain itu pakaian pelindung dapat melindungi anggota tubuh dari berbagai bahan berbahaya seperti air, minyak panas,lumpur, percikan pengelasan dll, atau dikenal dengan ‘Boiler Suit’ or ‘Dangri’.

Pengunaan rompi reflector ini sangat penting, karena umumnya operasional pekerja proyek berada dalam area yang cenderung terjadi rawan kecelakaan, yang seringnya terjadi dimalam hari.

Hal tersebut bisa disebabkan penerangan di area proyek kurang terang, sehingga seringkali pekerja yang berada didalam area proyek tidak terlihat.

Untuk menjaga keamanan, keselamatan, dan mencegah hal yang tidak diinginkan seperti tertabrak/terlindas oleh kendaraan alat berat,maka rompi reflector wajib digunakan oleh pekerja proyek.

3. Sepatu Pengaman (Safety Shoes)

alat-keselamatan-kerja-Sepatu-Pengaman-(Safety-Shoes)
(pixabay.com)

Safety Shoes merupakan alat keselamatan kerja yang memiliki bentuk seperti sepatu biasa, tetapi terbuat dari bahan kulit yang dilapisi metal dengan sol dari karet tebal dan kuat.

Safety Shoes berfungsi untuk mencegah kecelakaan fatal yang menimpa kaki seperti tertimpa benda tajam atau benda berat, cairan kimia, benda panas, dsb.

Untuk pekerjaan dalam proyek maka sangat penting dan dianjurkan untuk memakainya sebagai perlengkapan alat keselamatan kerja.

4. Kacamata Pengaman (Safety Goggles/Glasses)

alat keselamatan kerja-Kacamata Pengaman (Safety Goggles/Glasses)
(camlab.com)

Safety Goggles/Glasses memiliki perbedaan dengan kacamata pada umumya, yakni lensa/kaca yang menutupi mata secara menyeluruh, dan termasuk bagian samping terdapat pelindung yang tidak ada pada kacamata biasa.

Dengan menggunakan alat ini, pekerja dapat terhindar dari terpaan debu dan paparan partikel yang melayang di udara ataupun di air, percikan benda kecil, benda panas, ataupun cipratan dari minyak saat proses drilling diarea proyek.

Kacamata banyak macam jenis variasinya tergantung keperluan dan jenis pekerjaannya. Bagi seorang  berkacamata plus atau minus, juga disediakan lensa khusus sesuai dengan kebutuhan yang bersangkutan.

Dalam pembuatannya, lensa ini tidak dibuat dari bahan kaca, agar ketika terjadi benturan dan lensa pecah tidak akan membahayakan penggunanya.

5. Penyaring Udara (Safety Masker/Masker Respirator)

alat keselamatan kerja-Penyaring Udara (Safety Masker/Masker Respirator)
(jawelpaint.com)

Safety Masker adalah alat keselamatan kerja yang berfungsi sebagai penyaring udara yang dihirup saat bekerja pada area dengan kualitas udara buruk misal berdebu, beracun, dsb.

Di berbagai area pekerjaan proyek banyak terdapat debu bertaburan, yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada pernafasan dalam jangka waktu yang panjang.

Ada berbagai jenis masker yang tersedia, mulai dari masker debu hingga masker khusus untuk menghadapi bahan kimia yang mudah menguap seperti , masker partikel, masker fiber, masker kertas dan lain-lain.

6. Sarung Tangan Pengaman (Safety Gloves)

alat keselamatan kerja-Sarung Tangan Pengaman (Safety Gloves)
(flickr.com)

Safety Gloves adalah alat keselamatan kerja yang berfungsi sebagai alat pelindung tangan dari benda- benda tajam yang dapat mengakibatkan cedera tangan ketika melakaukan pekerjaan.

Penggunaan Safety Gloves merupakan hal yang wajib digunakan pada pekerjaan proyek, industri, maupun, konstruksi.

Hal ini dikarenakan para pekerja banyak bersentuhan langsung dengan bahan dan benda yang panas, dingin, seta tajam misalnya saja mesin gerinda.

Adapun bahan berbahaya lainnya yang bersifat korosif dan beresiko terjadi cidera saat melakukan aktifitas pekerjaan.

Penggunaan Safety Gloves pun beragam macamnya dan harus sesuai dengan jenis pekerjaannya yang dilakukan.

Ada Safety Gloves khusus untuk berhubungan dengan bahan kimia, ada yang khusus untuk pekerjaan  mekanik dan montir, ataupun pekerjaan seperti pengelasan, dan pekerjaan jenis proyek.

Dan masih banyak lagi jenis-jenis Safety Gloves seperti, Leather gloves, Latex disposable gloves, Heat disposable gloves, Padded cloth gloves, dan lain-lain.

7. Pengaman Telinga (Ear Plugs)

alat keselamatan kerja-Pengaman Telinga (Ear Plugs)
(nytimes.com)

Ear Plugs adalah alat keselamatan kerja yang berfungsi sebagai pelindung yang dilekatkan di telinga pada saat melakukan pekerjaan di tempat yang bising.

Ear plugs digunakan untuk melindungi pendengaran dari kebisingan dan mencegah para pekerja agar tidak mengalami gangguan pendengaran seperti penurunan pendengaran.

Penggunaan alat ini biasanya dilakukan pada proyek dan tempat kerja yang berada pada area yang memiliki tingkat kebisingan tinggi.

Untuk daya tahan dari alat ear plugs ini umumnya hanya mampu menahan tingkat kebisingan sampai dengan 80-85 dB.

Ear plugs sendiri memiliki beberapa ragam jenis dan bentuk sesuai dengan kegunaan dalam pekerjaan seperti, Foam Earplugs, PVC Earplugs dan Earmuffs dan lain-lain.

8. Lampu Kepala (Head Lamp)

alat keselamatan kerja-Lampu Kepala (Head Lamp)
(TokoOnline88.com)

Head Lamp  atau lampu kepala adalah alat keselamatan kerja yang biasanya khusus digunakan pada penambangan bawah tanah (underground).

Pada pekerjaan bawah tanah malam dan siang hari di dalam terowongan tak ada bedanya, sama-sama gelap.

Oleh karena itu, maka diwajibkan bagi seorang yang bekerja pada proyek underground untuk mengenakan lampu kepala.

Lampu ini banyak menggunakan tenaga dari baterai (elemen kering) dan aki (elemen basah) dengan cara digantung pada pinggang.

Namun disisi lain, aki memiliki beberapa kelemahan jika dibandingkan dengan baterai, selain ukuran dan bobot aki yang lebih berat, cairan asam sulfat yang bocor dapat merusak pakaian.

9. Penyelamat Mandiri (Self Rescuer)

Alat keselamatan kerja-Penyelamat Mandiri (Self Rescuer)
(resmar-safety.co.uk)

Self Rescuer atau (penyelamat mandiri) adalah alat yang digunakan sebagai penyelamat bagi para pekerja dalam kondisi darurat akibat kebakaran atau ditemukannya gas beracun.

Sesuai dengan namanya bahwa alat ini dirancang agar dapat memasok oksigen secara mandiri kepada pekerja.

Durasi waktu alat ini pun tidak bertahan begitu lama, namun setidaknya dapat memberikan cukup waktu bagi pekerja untuk mencari jalan keluar atau mencapai tempat pengungsian yang lebih aman.

10. Sepatu Boot (Safety Boot)

alat-keselamatan-kerja-Sepatu-Boot-Safety-Boot-
(pixabay.com)

Safety Boot atau (sepatu boot) adalah alat keselamatan kerja yang digunakan pada kondisi area proyek yang umumnya licin dan berlumpur, sepatu boot menjadi kebutuhan pokok untuk keselamatan dan kenyamanan dalam bekerja.

Dilihat dari segi kegunaannya sepatu ini terbilang komplit daripada sepatu pendek biasa. Sepatu boot telah dilengkapi dengan sol berlapis logam untuk melindungi jari kaki dari berbagai kecelakaan kerja.

Beberapa manfaatnya adalah, melindungi dari benda tajam dan berbahaya, membuat perlindungan dari benda panas, melindungi dari cairan kimia berbahaya, membuat pengguna tidak terpeleset dll.

11. Tali Pengaman (Safety Harness)

alat keselamatan kerja-Tali Pengaman (Safety Harness)
(freepik.com)

Safety Harness atau (tali pengaman) merupakan alat keselamatan kerja yang berfungsi sebagai pengaman atau pelindung tubuh dari cidera karena jatuh saat bekerja.

Dalam penggunaan-nya alat ini wajib dipakai ketika melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan ketinggian di atas 1,8 meter.

Pada umumnya sepatu ini digunakan oleh seorang yang hendak menyelamatkan korban pada ketinggian atau digunakan oleh korban yang hendak diselamatkan.

Selain itu Safety harness sudah familiar digunakan oleh orang yang menyukai kegiatan pendakian seperti pemanjat tebing, yang mana kegiatan tersebut memiliki resiko terjatuh.

12. Sabuk Pengaman (Safety Belt)

alat keselamatan kerja-Sabuk Pengaman (Safety Belt)
(freepik.com)

Safety Belt atau (sabuk pengaman) adalah alat keselamatan kerja yang berfungsi sebagai alat pengaman ketika menggunakan alat transportasi mobil ataupun peralatan lain seperti, pesawat, helikopter, alat berat, dan lain sebagainya.

Fungsi utama Safety belt dalam berkendara menggunakan transportasi yaitu dapat melindungi penggunanya dari cedera yang lebih parah dalam suatu kecelakaan.

Fungsi lain, juga dapat menjaga posisi tetap pengemudi yang benar saat menghindar atau ketika terjadi berhenti mendadak.

13. Jas Hujan (Raincoat)

alat keselamatan kerja-Jas Hujan (Raincoat)
(hthughes.com)

Raincoat atau (jas hujan) adalah alat keselamatan kerja yang berfungsi untuk melindungi tubuh pekerja dari percikan air saat bekerja, misalnya bekerja pada waktu hujan atau ketika sedang mencuci alat.

Perlu diketahui ketika terpapar air secara langsung dan terus menerus dapat mengakibatkan timbulnya penyakit seperti influenza dan demam.

Fungsi lain adalah, menjaga pakaian dalam tas tetap kering, mengurangi rasa dingin, serta menjaga tubuh tetap kering.

Dari beberapa jenis jas hujan yang dipakai tujuannya adalah agar kegiatan dan aktivitas dapat berjalan dengan optimal dan tidak terganggu dengan adanya air.

14. Pelindung Wajah (Face Shield)

alat keselamatan kerja-pelindung muka
(nairobisafetyshop.org)

Face Shield atau (pelindung wajah)  adalah alat keselamatan kerja yang berfungsi sebagai pelindung wajah dari percikan benda asing saat bekerja, seperti percikan menggerinda, paparan bahan kimia dan lain-lain.

Didalam dunia proyek, alat ini biasanya digunakan oleh para mekanik dan welder yang selalu beroperasi dalam menjalankan pekerjaan-nya.

15. Pelampung (Lifevest)

alat keselamatan kerja-Pelampung (Lifevest)
(freepik.com)

Lifevest atau (pelampung) merupakan alat wajib yang harus digunakan ketika seseorang bekerja dan berhubungan langsung dengan perairan.

Biasanya terdapat proyek yang mana ketika menjangkau-nya harus melewati area perairan dengan menggunakan alat transportasi seperti kapal dan pelampung.

Alat ini harus selalu dikenakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. penggunaan pelampung ini sangat penting karena untuk antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, (alat transportasi-nya karam atau terbalik).

Perlu diketahui juga jika Lifevest harus selalu rutin di periksa untuk mengecek daya apung atau daya ambangnya.

Kesimpulan Alat Keselamatan Kerja

Terkait beberapa penjelasan diatas, maka perusahaan-perusahaan di bidang proyek konstruksi, bangunan, pertambangan, dan migas.

Pekerjaan ini senantiasa menjaga dan mengutamakan keselamatan para pekerjaan-nya beserta segala aset perusahaan, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu cara yang diterapkan dengan melengkapi para pekerja nya dengan beberapa alat keselamatan kerja yang memadai.

Pada beberapa perusahaan, alat keselamatan kerja ini biasa dikenal dengan sebutan APD (Alat Pelindung Diri).

APD di perusahaan konstruksi, tambang, bangunan, migas merupakan kelengkapan yang wajib digunakan ketika bekerja.

APD yang dipakai dilihat dari seberapa tingkat bahaya dan resiko suatu pekerjaan, agar keselamatan pekerja terjaga dan pekerjaan dapat berjalan dengan efektif.

Kewajiban penggunaan APD sudah disepakati oleh pemerintah melalui Departemen Tenaga Kerja RI.

Semua jenis APD harus digunakan sebagaimana mestinya berdasarkan SOP keselamatan kerja dengan alat pelindung diri K3L (Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Lingkungan).

Tren Penelusuran Alat kerja

alat keselamatan kerja bengkel alat keselamatan kerja k3  di bengkel otomotifalat keselamatan kerja alat keselamatan kerja di laboratorium
alat keselamatan kerja di hotel alat keselamatan kerja di dapur alat-alat keselamatan kerja di bengkel elektronika alat pelindung diri kesehatan
alat keselamatan kerja dapat berupa alat keselamatan kerja las alat keselamatan kerja dan fungsinya alat keselamatan bekerja di dapur
alat pengaman kerja (apk) alat keselamatan kerja di laboratorium biologi alat pelindung diri kesehatan alat pelindung diri k3 pdf

√ Macam-Macam Dioda | Pengertian, Contoh, Sejarah dan Fungsinya

0

macam-macam-dioda-macam macam dioda-macam macam dioda dan simbolny-macam macam dioda dan fungsinya-macam macam dioda bridge-macam macam dioda schottky-macam macam dioda dan gambarnya
macam-macam dioda

Macam-Macam Dioda – Pada zaman modern yang serba dengan teknologi ini banyak sekali jenis elektronika yang pasti tersusun atas beberapa komponen dioda.

Dari beberapa jenis dioda tersebut masing-masing memiliki fungsi dan peran tersendiri baik dalam cara kerja, pemrosesan sinyal, serta arus dan tegangan.

Tak bisa digantikan sampai saat ini bahwa macam-macam dioda ini masih menjadi komponen utama dalam berbagai macam alat elektronika, seperti pada jenis radio, televisi dan termasuk juga pada jenis kabel listrik.

Pada artikel ini akan kami sajikan penjelasan mengenai macam-macam dioda dan kaitanya, silahkan simak berikut selengkapnya.

Pengertian Dioda

Dioda merupakan sambungan bahan P-N  atau komponen aktif dua kutub yang bersifat semikonduktor, yang menghantarkan arus listrik mengalir ke satu arah, yang berfungsi sebagai penyearah arus.

Pada dasarnya aliran satu arah tersebut memiliki dua prinsip kerja, yaitu menghantar pada (kondisi panjar maju) dan menghambat arus dari arah sebaliknya (kondisi panjar mundur) atau biasa disebut dengan forward bias dan reverse bias.

Dari hal itu sehingga diode mempunyai karakteristik hubungan arus dan tegangan kompleks yang tidak linier, dan membuat tergantung pada teknologi atau material yang digunakan, serta pada parameter penggunaannya.

Sejarah Dioda

Sejarah singkat awal mula asal dioda adalah peranti kristal Cat’s Whisker dan tabung hampa yang disebut katup termionik.

Meskipun dioda kristal semikonduktor dipopulerkan sebelum dioda termionik, dioda termionik dan diode kristal dikembangkan secara terpisah pada waktu yang bersamaan.

Prinsip kerja dari dioda termionik ditemukan oleh Frederick Guthrie pada tahun 1873, sedangkan prinsip kerja dioda kristal ditemukan pada tahun 1874 oleh peneliti Jerman, Karl Ferdinand Braun.

Pada waktu penemuan, peranti seperti ini dikenal sebagai penyearah rectifier. Kemudian pada tahun 1919, William Henry Eccles memperkenalkan istilah dioda yang berasal dari di berarti dua, dan ode berarti jalur.

Dan pada saat ini dioda yang paling umum dibuat dari bahan semikonduktor seperti silikon atau germanium.

Macam-Macam Dioda

macam-macam dioda dan simbolny-macam macam dioda dan fungsinya-macam macam dioda bridge-macam-macam-dioda-schottky-macam-macam-dioda-dan-gambarnya

Berikut beberapa daftar macam-macam dioda yang akan kita bahas beserta penjelasannya, diantaranya adalah:

  1. Dioda Schottky (Schottky Diode)
  2. Dioda Tunnel (Tunnel Diode)
  3. Dioda Varactor (Varactor Diode)
  4. Dioda Laser (Laser Diode)
  5. Dioda Foto (Photodiode)
  6. Dioda LED (Light Emitting Diode)
  7. Dioda Zener (Zener Diode)
  8. Dioda Bridge (Bridge Diode)
  9. Dioda Normal (Dioda PN Junction)

Dioda Schottky (Schottky Diode)

Dioda Schottky merupakan jenis dioda dengan tegangan maju yang lebih rendah disbanding dengan dioda normal pada umumnya.

Pada arus rendah, tegangan bisa jatuh berkisar diantara 0,15V sampai 0,4V.

Tegangan ini lebih rendah dari dioda normal yang terbuat dari silikon yang memerlukan 0,6V, karena diode ini diberikan tambahan metal pada cuplikan permukaan bagian tengah semikonduktor.

Dioda Schottky umumnya dan juga banyak digunakan pada aplikasi rectifier (penyearah), aplikasi RF dan juga clamping.

Dioda Tunnel (Tunnel Diode)

Dioda Tunnel atau Dioda Terowongan merupakan jenis dioda yang bekerja memanfaatkan salah satu fenomena mekanika kuantum yaitu tunneling yang mampu untuk beroperasi pada kecepatan sangat tinggi, dan juga berfungsi baik pada gelombang mikro (Microwave).

Jenis Dioda Tunnel ini biasanya digunakan pada rangkaian converter, pendeteksi frekuensi, dan juga sebagai salah satu komponen pada isolator, penguat, atau pencampur sinyal.

Hal ini disebabkan karena kecepatannya yang bereaksi terhadap perubahan tegangan.

Dioda Tunner juga disebut dengan Dioda Esaki. Nama Esaki sendiri diambil dari nama seorang penemu Dioda tersebut.

Dioda Varactor (Varactor Diode)

Dioda Varactor atau juga disebut dengan Dioda Varicap merupakan jenis dioda yang mempunyai sifat kapasitas berubah-ubah sesuai dengan tegangan yang diberikan.

Dioda Varactor ini sering dan banyak digunakan pada beberapa rangkaian yang berkaitan dengan frekuensi seperti osilator, Radio Tuner dan TV Tuner.

Terdapat simbol Dioda Varactor atau Dioda Varicap ini dilambangkan dengan sebuah dioda yang ujungnya ditambahkan sebuah kapasitor.

Dioda Laser (Laser Diode)

Dioda Laser atau Laser Diode merupakan jenis dioda yang ketika dialiri arus listrik dapat menghasilkan radiasi atau cahaya koheren yang dapat dilihat oleh mata dan spektrum inframerah.

Dioda Laser ini sering digunakan pada perangkat audio video, seperti Player DVD dan Blueray, Scanner Barcode, Laser pointer, alat ukur jarak, dan Printer laser.

Perlu diketahu,i Laser merupakan singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation.

Dioda Foto (Photodiode)

Jenis Dioda Foto atau Photodiode merupakan Dioda yang dapat mengubah energi cahaya menjadi arus listrik.

Jenis Dioda Foto sering digunakan sebagai sensor pendeteksi cahaya seperti pada, sensor penghitung kendaraan, sensor cahaya kamera, scanner barcode dan peralatan medis.

Dioda Foto ini terdapat dua jenis bagiannya, yaitu Dioda Photoconductive yang tidak menghasilkan tegangan dan harus diberikan sumber tegangan lain untuk penggerak beban, dan Dioda Photovoltaic  yang menghasilkan tegangan seperti sel surya.

Dioda LED (Light Emitting Diode)

Jenis Dioda LED atau Light Emitting Diode merupakan dioda yang dapat memancarkan cahaya monokromatik ketika diberikan tegangan maju (Forward bias).

LED ini bermacam warnanya seperti merah, hijau, kuning, jingga, biru, dan putih tergantung pada panjang gelombang (wavelength)  dan jenis senyawa semikonduktor yang digunakannya.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menemukan aplikasi LED di lampu indikator peralatan elektronik dan listrik, lampu penerangan rumah maupun jalan raya, lampu dekorasi dan advertising serta backlight untuk TV LCD.

Dioda Zener (Zener Diode)

Dioda Zener adalah jenis dioda yang dbuat khusus untuk dapat beroperasi pada rangkaian reverse bias (bias balik).

Dioda Zener dapat memberikan tegangan referensi yang stabil sehingga banyak digunakan sebagai pengatur tegangan Voltage Regulator pada pencatu daya (power supply).

Karakteristik Dioda Zener sendiri yaitu dapat melewatkan arus listrik pada kondisi bias terbalik (reverse bias) apabila tegangan telah mencapai titik tegangan breakdown-nya.

Namun pada saat forward bias (bias maju), Dioda Zener ini akan menghantarkan arus listrik seperti Dioda normal pada umumnya.

Dioda Bridge (Bridge Diode)

Dioda bridge pada dasarnya merupakan gabungan dioda dari empat dioda normal yang dirangkai menyerupai jembatan untuk digunakan sebagai penyearah gelombang penuh dalam rangkaian pencatu daya (Power Supply).

Dengan menggunakan Dioda Bridge ini, tidak perlagi menggunakan empat buah dioda normal sebagai  rangkaian penyearah tegangan AC ke tegangan DC, karena dioda bridge telah dikemas oleh produsen menjadi satu dalam komponen.

Dioda Bridge ini memiliki empat kaki terminal, yaitu dua kaki terminal untuk Output Positif (+) dan Output Negatif (-), dan dua kaki terminal Input untuk masukan arus/tegangan bolak-balik (AC).

Dioda Normal (Dioda PN Junction)

Dioda normal atau PN Junction ini merupakan dioda yang paling banyak ditemui dalam rangkaian elektronika, terutama pada rangkaian rangkaian frekuensi radio (RF) dan pencatu daya (power supply).

Dioda jenis ini juga disebut dioda normal (normal diode) yang merupakan dioda standar dan umum digunakan ataupun dioda penyearah (Rectifier Diode) karena biasanya digunakan sebagai penyearah pada pencatu daya.

Dioda normal termasuk jenis standar yang terdiri dari susunan PN dan memiliki cara kerja seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Selain itu dioda ini umum digunakan di pasaran atau (disebut juga diode generik), yang utamanya digunakan sebagai penyearah arus.

Fungsi Umum Dioda

  1. Sebagai sekering atau juga pengaman tegangan.
  2. Untuk membuat rangkaian clamper. Rangkaian berfungsi memberikan tambahan partikel DC untuk sinyal AC.
  3. Untuk penyearah teganagan, biasanya memakai dioda bridge.
  4. Untuk menstabilkan tegangan pada voltage regulator, biasanya memakai dioda zener.
  5. Untuk sebuah indikator, biasanya menggunakan Light Emiting Diode atau (LED)
  6. Untuk alat menggandakan suatu tegangan.
  7. Untuk membuat rangkaian Rangkaian ini berfungsi membuang suatu tingkatan sinyal diatas maupun dibawah tegangan tertentu.
  8. Untuk alat sensor cahaya, yang biasanya mmemakai dioda photo.
  9. Untuk sebuah rangkaian Voltage Controlled Oscilator atau (VCO), yang biasanya menggunakan dioda varactor.
  10. Untuk alat sensor panas elektronik, misalnya saja dalam amplifier.

Baca Juga: Macam-Macam Saklar beserta Fungsi, Jenis dan Gambar

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa macam-macam dioda, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan dalam belajar dan mudah untuk memahaminya.

Terimakasih semoga bermanfaat.

√ Mengenal Jenis-Jenis Radio | Sejarah, Cara Kerja & Penjelasan Lengkap

0

JENIS-JENIS-RADIO-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi
jenis-jenis radio

Jenis-Jenis Radio – Radio adalah suatu perangkat elektronik yang banyak digunakan di lingkungan masyarakat selain daripada televisi. Karenanya radio sebagai alat komunikasi elektronik yang sudah tidak asing dikenal sejak jaman dulu dan merupakan alat penyebaran berita bersejarah.

Istilah lain berbagai jenis radio merupakan media masa dengan metode satu arah untuk menyampaikan pesan, informasi, berita maupun hiburan kepada masyarakat dengan jangkauan tertentu.

Radio terdiri dari beberapa komponen didalamnya yaitu, Oscilator dan mixer, tuning atau lingkaran penala, penguat frekuensi menengah (MF/IF), detector, penguat suara (AF), penguat akhir, dioda serta macam-macam resistor.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis radio, simak berikut penjelasan-nya.

Sejarah Radio

Berawal dari inovasi radio yang dikembangkan oleh james Maxwell, pada proses ini berlangsung dengan waktu yang cukup panjang.

Hingga sampai saat ini radio menjadi media komunikasi massa yang tetap popular digunakan.

Pada tahun 1865, atas eksperimen-nya James Maxwell berhasil menemukan gelombang elektromagnetis yang dapat digunakan pada radio dan televisi.

Teori Maxwell mengatakan bahwa gerakan magnetis bisa mengarungi ruang angkasa dengan kecepatan hampir sama dengan kecepatan cahaya yaitu 186.000 mil/detik.

Teori milik James Maxwell mengenai gelombang elektromagnetik ini telah dibuktikan oleh Heinrich Hertz pada tahun 1884 mengenai frekuensi gelombang.

Pada suatu waktu, Guglemo Marconi memakai teori tersebut sebagai bahan penelitiannya, serta betul-betul teruji adanya teori tersebut.

Kala itu, Marconi bisa mengirimkan data informasi tanpa menggunakan kawat yang melintasi Samudera Atlantik.

Sampai pada akhirnya, radio telah mengalami perkembangan yang dapat dipakai oleh masyarakat hingga saat ini.

Meskipun dalam radio terdapat kekurangan ataupun kelebihan, namun media komunikasi ini diakui sebagai media massa yang dapat diandalkan karena cukup efektif dalam menyampaikan pesan dan informasi.

Didalam proses perkembangan-nya radio untuk mengikuti zaman, saat ini ada beberapa banyak jenis-jenis radio yang diciptakan.

Adapun Jenis-Jenis Radio di Indonesia

Berikut adalah beberapa jenis-jenis radio yang digunakan di Indonesia.

  • Radio Publik
  • Radio Swasta
  • Radio Komunitas
  • Radio Berlangganan

Lebih Lengkap Lagi Baca Juga: Jenis- Jenis Kabel Listrik

1. Radio Publik

jenis-jenis-radio-radio-publik-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi

Radio publik ini atau biasa disebut radio pemerintahan, merupakaan sistem dari radio yang dipegang penuh oleh bagian pemerintahan.

Dalam pengelolahnya dikerjakan oleh salah satu kementerian dalam pemerintahan tersebut, yang telah disetujui dan diatur dengan perundang- undangan.

Dalam arti lain bahwa radio ini semua kendali dan operasinya dipegang khusus oleh pemerintahan.

Salah satu contoh ialah RRI (Radio Republik Indonesia). Secara penuh RRI ini telah diolah oleh Departemen Penerangan yang telah dikukuhkan oleh SK Menteri Penerangan RI No. 19 tahun 1968.

2. Radio Swasta

jenis-jenis-radio-radio-swasta-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi

Radio ini berbeda halnya dengan radio publik yang sepenuhnya dipegang oleh pemerintahan. Bahwa radio swasta ini adalah radio yang dimiliki dan dikelola oleh perorangan yang sifatnya komersil.

Sehingga, sumber penghasilan untuk operasional radio swasta ini sepenuhnya berasal dari iklan. Meskipun demikian, radio swasta tetap berada dibawah perundang-undangan mengenai penyiaran yang disepakati melalui lisensi pemerintahan.

Sehingga, radio swasta di Indonesia ini masih berada dibawah naungan perundang-undangan yang salah satunya adalah lembaga sensor.

Berbeda halnya di Amerika yang terdapat beberapa radio yang berjenis sebagai radio swasta yang di antaranya adalah CNS, ABC, NBC, dan MBS.

Radio-radio tersebut, berdasarkan sistem pemerintahan Amerika Serikat bahwa radio swasta tersebut memiliki kebebasan penuh dalam penyiaran. Dengan arti lain, beberapa radio swasta tersebut tidak mengenal kata sensor.

3. Radio Komunitas

jenis-jenis-radio-komunitasjenis-jenis-radio-radio-swasta-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi

Jika radio publik dipegang pemerintahan sebaliknya radio swasta dipegang perseorangan, berbeda dengan radio komunitas yang dipegang bersama-bersama dalam komunitas tertentu.

Artinya, radio komunitas ini dibangun dengan tanggung jawab bersama oleh beberapa kelompok orang dalam suatu komunitas yang yang mampu mengerahkan sumberdayanya.

Alat operasionalnya pun masih sederhana dengan memanfaatkan alat seadanya untuk sebisa mungkin radio dapat bekerja dengan baik.

Jadi beberapa peralatan yang digunakan pun tidak cenderung dari alat yang canggih dan mahal.

Sehingga dapat dikatakan bahwa jangkauan yang dimiliki oleh radio komunitas ini sangatlah terbatas, hanya berada pada wilayah dan daerah komunitas itu sendiri.

Pada umumnya, radio komunitas ini disebut juga sebagai radio pendidikan, radio sosial, atau radio alternatif lainnya.

Radio Berlangganan

jenis-jenis-radio-radio-berlangganan-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi

Radio berlangganan ini merupakan radio yang sejenis atau memiliki sifat kemiripan dengan radio publik. Yang mana kendali radio tersebut dipegang oleh suatu lembaga yang bernama Lembaga Penyiaran Berlangganan.

Lembaga Penyiaran Berlangganan merupakan lembaga penyiaran di Indonesia yang berbentuk badan hukum.

Selain itu lembaga tersebut merupakan jasa yang menyelengarakan penyiaran berlangganan yang sudah diakui oleh izin penyelenggara penyiaran berlangganan.

Sehingga, ini dapat menyebarkan dan memancarluaskan siaran kepada masyarakat dari radio yang berlangganan.

Selain beberapa jenis-jenis radio yang ada di Indonesia kali ini ada radio yang berdasarkan jenis barangnya. Berikut penjelasannya.

  • Radio AM
  • Radio FM
  • Radio Internet
  • Radio Satelit
  • Radio Berdefinisi Tinggi (HD Radio)

1. Radio AM

jenis-jenis radio-am-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi

Radio AM atau modulasi amplitude, adalah radio yang bekerja dengan prinsip memodulasikan gelombang radio dan gelombang audio.

Gelombang tersebut keduanya sama-sama memiliki amplitudo yang berkelanjutan konstan.

Namun, proses modulasi tersebut akan mengubah amplitude gelombang penghantar (radio) sesuai dengan amplitudo gelombang audio.

2. Radio FM

jenis-jenis-radio-radio-fm-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi
jenis-jenis radio

Radio FM atau modulasi frekuensi, merupakan radio yang bekerja menggunakan prinsip serupa dengan radio AM, yaitu dengan memodulasi gelombang radio (penghantar) dengan gelombang audio.

Hanya saja, pada radio FM ini ketika proses modulasi menyebabkan perubahan pada frekuensinya.

Radio dengan sistem FM ini memiliki penyaluran musik jauh lebih sempurna dibanding AM, yang mana hasil dari produksi suara musik dapat terdengar lebih jernih, tajam, dan sesuai dengan aslinya.

Dalam siaran FM tersebut, Komposisi bass dan treble terpadu harmonis, berbeda dengan siaran AM yang menyajikan musik dengan treble tumpul dan bernoissy.

3. Radio Internet

jenis-jenis-radio-internet-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi
jenis-jenis radio

Semenjak adanya penemuan internet, hal ini mulai mengubah transmisi sinyal analog yang digunakan oleh radio konvensional.

Radio internet atau yang dikenal sebagai web radio, radio streaming,dan e-radio bekerja dengan cara mentransmisikan gelombang suara lewat internet atau merupakan sebuah layanan penyiaran audio yang ditransmisikan melalui internet.

Cara kerja radio internet hampir sama dengan radio konvensional yang gelombang pendek (short wave), yaitu dengan menggunakan medium streaming berupa gelombang yang konstan.

Sistem kerja ini memungkinkan siaran radio dapat terdengar ke seluruh dunia jikalau pendengar memiliki perangkat internet.

Itulah sebabnya banyak kawula ekspatriat yang menggunakan radio internet sebagai obat rindu pada negara asalnya.

Di Indonesia, radio internet biasanya dikolaborasikan dengan sistem radio analog oleh stasiun radio teresterial untuk memperluas jangkauan siarnya.

4. Radio Satelit

jenis-jenis-radio-satelite-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi
jenis-jenis radio

Radio satelit mentransmisikan gelombang audio memakai sinyal digital. Berbeda dengan sinyal analog yang bekerja dengan menggunakan gelombang konstan, kemudian gelombang suara ditransmisikan melewati sinyal digital yang berupa kode biner 0 dan 1.

Karena menggunakan satelit sinyal ini ditransmisikan ke daerah jangkauan yang lebih jauh dan luas.

Hanya saja siaran radio satelite hanya dapat diterima menggunakan perangkat khusus yang bisa menerjemahkan sinyal terenkripsi.

Selain itu, siaran radio satelit ini hanya bisa diterima di tempat terbuka dimana antena pada pesawat radio memiliki garis pandang sejajar dengan satelit pemancar.

Radio satelit hanya bisa bekerja pada areal yang tidak berpenghalang besar seperti terowongan atau gedung. Karena hal itu perangkat radio satelit cocok dan banyak dipromosikan untuk radio mobil.

Untuk mendapat transmisi siaran yang baik, perlu dibuat stasiun repeater seperti di negara Amerika agar memiliki kualitas layanan prima.

5. Radio Berdefinisi Tinggi (HD Radio)

jenis-jenis-radio-Radio-Berdefinisi-Tinggi-(HD Radio)-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi
jenis-jenis radio

HD radio atau biasa dikenal sebagai radio digital merupakan radio yang bekerja dengan menggabungkan sistem analog dan digital sekaligus dan ditambah beberapa macam-macam saklar.

Dengan system tersebut memungkinkan dua stasiun digital dan analog dapat berbagi frekuensi yang sama. Hal ini membuat banyak konten bisa disiarkan pada posisi yang sama serta lebih efisien.

Untuk kualitas suara yang dihasilkan HD radio sama jernihnya dengan radio satelit, namun layanan yang ditawarkan gratis.

Penutup

Nah, itulah beberapa jenis-jenis radio yang ada di Indonesia selengkapnya. Sehingga, kita tahu bagaimana jenis dan bentuknya maupun cara penyiaran-nya. Oleh karena itu penyiaran yang baik adalah penyiaran dengan dasar aturan undang-undang yang berlaku.

Incoming Search Terms

Jenis jenis radio, jenis jenis radio aktif, jenis jenis radio, jenis jenis radio penerima, macam macam radio komunikasi, macam macam radio terapi selengkapnya hanya di sindunesia.com

√ Jenis-Jenis Baterai Pilihan | Penjelasan Lengkap

0

jenis-jenis baterai-jenis-jenis baterai-jenis jenis baterai-jenis jenis baterai aki-jenis jenis baterai hp-jenis-jenis baterai/aki-jenis jenis baterai jam tangan-jenis jenis baterai abc-jenis-jenis baterai dan penjelasannya

Jenis-jenis Baterai – Baterai adalah perangkat yang terdiri dari satu atau lebih sel elektrokimia dengan koneksi eksternal yang disediakan untuk memasok energi pada perangkat listrik portbel seperti senter, ponsel, laptop dan sebagainya.

Ketika baterai memasok energi listrik, terminal positifnya adalah katoda dan terminal negatifnya adalah anoda.

Terminal bertanda negatif adalah sumber elektron yang akan mengalir melalui rangkaian listrik eksternal ke terminal positif.

Dengan adanya teknologi baterai, akan mempermudah kita menyambungkan energi listrik untuk mengaktifkan perangkat elektronik sehingga bisa dibawa kemana-mana.

Jenis-jenis Baterai

Pada dasarnya dari beberapa baterai dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yakni, Baterai sekali pakai atau baterai primer (Single Use) dan Baterai isi ulang atau baterai sekuner (Rechargeable).

Dari kedua jenis tersebut juga memiliki jenis turunan sebagai berikut;

  • Baterai sekali pakai atau baterai primer (Single Use).
    1. Baterai Alkaline (Alkali)
    2. Baterai Zinc-Carbon (Seng-Karbon)
    3. Baterai Lithium
    4. Baterai Silver Oxide
  • Baterai isi ulang atau baterai sekuner (Rechargeable).
    1. Baterai Ni-Cd (Nickel-Cadmium)
    2. Baterai Ni-MH (Nickel-Metal Hydride)
    3. Baterai Li-Ion (Lithium-Ion)

Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis baterai.


Baterai Sekali Pakai atau Baterai Primer (Single Use).

Baterai primer atau baterai sekali pakai ini merupakan baterai yang sering ditemukan di pasaran, serta banyak dijual disetiap toko belanja supermarket.

Hal ini dikarenakan penggunaan-nya sangat luas dengan harga yang lebih terjangkau. Baterai primer pada umumnya memberikan tegangan mencapai1,5 Volt dan terdiri dari berbagai jenis ukuran seperti AAA (sangat kecil), AA (kecil) dan C (medium) dan D (besar).

Disamping itu, terdapat juga baterai primer atau (sekali pakai) yang berbentuk kotak dengan tegangan mencapai 6 Volt sampai 9 Volt.

1. Baterai Alkaline (Alkali)

jenis-jenis baterai-jenis jenis baterai-jenis jenis baterai aki-jenis jenis baterai hp-jenis-jenis baterai/aki-jenis jenis baterai jam tangan-jenis jenis baterai abc-jenis-jenis baterai dan penjelasannya

Baterai Alkaline merupakan baterai yang memiliki daya tahan kapasitas energi cukup lebih lama serta harga yang lebih mahal dibanding dengan baterai zinc-carbon.

Elektrolit yang digunakan baterai ini adalah potassium hydroxide yang merupakan zat alkali (alkaline), sesuai namanya disebut juga dengan baterai alkaline.

Saat ini, banyak baterai yang menggunakan alkalline sebagai elektrolit, tetapi mereka menggunakan bahan aktif lainnya sebagai elektroda-nya.

2. Baterai Zinc-Carbon (Seng-Karbon)

jenis-jenis baterai-jenis jenis baterai-jenis jenis baterai aki-jenis jenis baterai hp-jenis-jenis baterai/aki-jenis jenis baterai jam tangan-jenis jenis baterai abc-jenis-jenis baterai dan penjelasannya

Baterai zinc-carbon juga sering disebut dengan baterai heavy duty yang sering dijumpai pada toko-toko ataupun supermarket.

Baterai jenis ini terdiri dari bahan zinc yang berfungsi sebagai pembungkus dan juga sebagai baterai terminal negatifnya.

Sedangkan terminal positifnya mengunakan zat terbuat dari karbon yang berbentuk batang (rod).

Baterai jenis zinc-carbon merupakan jenis baterai dengan harga jual yang relatif murah dibanding dengan jenis lainnya.

3. Baterai Lithium

jenis-jenis baterai-jenis jenis baterai-jenis jenis baterai aki-jenis jenis baterai hp-jenis-jenis baterai/aki-jenis jenis baterai jam tangan-jenis jenis baterai abc-jenis-jenis baterai dan penjelasannya

Baterai primer lithium memberikan kinerja yang lebih baik dan efektif dibanding beberapa jenis baterai primer (sekali pakai) lainnya.

Baterai lithium dapat disimpan dan mampu menyimpan daya energi lebih dari 10 tahun serta dapat bekerja pada suhu yang sangat rendah.

Karena keunggulan-nya, baterai lithium ini sering digunakan untuk aplikasi memory backup pada mikrokomputer maupun pada jam tangan.

Baterai lithium umum dibuat seperti bentuk uang logam atau disebut juga dengan baterai koin (coin battery). ada juga yang menyebutnya dengan button cell atau baterai kancing.

4. Baterai Silver Oxide

jenis-jenis baterai-Baterai Silver Oxide-jenis-jenis baterai-jenis jenis baterai-jenis jenis baterai aki-jenis jenis baterai hp-jenis-jenis baterai/aki-jenis jenis baterai jam tangan-jenis jenis baterai abc-jenis-jenis baterai dan penjelasannya

Baterai silver oxide adalah jenis baterai yang tergolong memiliki harga jual mahal. Hal ini dikarenakan tingginya harga perak (silver) serta bahan yang digunakan oleh baterai tersebut.

Baterai silver oxide dengan bentuk yang relatif kecil dan ringan dapat dibuat untuk menghasilkan energi yang tinggi.

baterai jenis silver oxide ini sering dibuat dalam dalam bentuk baterai koin (coin battery) atau baterai kancing (button cell).

Baterai jenis silver oxide ini sering dipergunakan pada kalkulator, jam tangan, maupun aplikasi militer.


Baterai Isi Ulang atau Baterai Sekuner (Rechargeable).

Baterai sekunder adalah jenis baterai isi ulang atau rechargeable battery. Prinsip dan cara kerja baterai sekunder dalam mendapatkan arus listrik memiliki proses yang sama dengan baterai primer.

Ada sedikit perbedaan, hanya saja reaksi kimia pada baterai sekunder ini dapat berbalik (reversible). Ketika baterai digunakan dengan menghubungkan beban pada terminal baterai (discharge), maka elektron akan mengalir dari negatif ke positif.

Sedangkan pada saat sumber energi luar (charger) dihubungkan ke baterai sekunder, maka elektron akan mengalir dari positif ke negatif sehingga terjadilah pengisian muatan pada baterai.

Jenis-jenis baterai yang sering kita temukan dan dapat di isi ulang (rechargeable battery) antara lain seperti baterai ni-cd (nickel-cadmium), ni-mh (nickel-metal hydride) dan li-ion (lithium-ion).

Berikut adalah jenis-jenis baterai yang tergolong dalam kategori baterai sekunder (baterai isi ulang);

1. Baterai Ni-Cd (Nickel-Cadmium)

jenis-jenis-baterai-Nickel-Cadmium-jenis-jenis baterai-jenis jenis baterai-jenis jenis baterai aki-jenis jenis baterai hp-jenis-jenis baterai/aki-jenis jenis baterai jam tangan-jenis jenis baterai abc-jenis-jenis baterai dan penjelasannya

Baterai Ni-Cd (NIcket-Cadmium) merupakan jenis baterai sekunder (isi ulang) yang menggunakan Nickel Oxide Hydroxide dan Metallic Cadmium sebagai bahan elektrolitnya.

Baterai Ni-Cd mempunyai kemampuan beroperasi dalam jangkauan suhu yang luas dan juga memiliki siklus daya tahan yang lama.

Di sisi lain, baterai Ni-Cd akan melakukan discharge sendiri (self discharge) sekitar 30% per bulan ketika tidak digunakan.

Baterai Ni-Cd juga mengandung 15% tosik atau racun yaitu bahan Carcinogenic Cadmium yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan hidup-nya.

Sekarang, untuk penjualan maupun penggunaan baterai Ni-Cd (Nickel-Cadmiun) dalam perangkat portable, konsumen telah dilarang oleh EU (European Union).

Larangan tersebut berdasarkan peraturan “Directive 2006/66/EC” atau dikenal dengan “Battery Directive”.

2. Baterai Ni-MH (Nickel-Metal Hydride)

JENIS-JENIS-BATERAI-Nickel-Metal-Hydride-jenis-jenis baterai-jenis jenis baterai-jenis jenis baterai aki-jenis jenis baterai hp-jenis-jenis baterai/aki-jenis jenis baterai jam tangan-jenis jenis baterai abc-jenis-jenis baterai dan penjelasannya

Baterai Ni-MH (Nickel-Metal Hydride) memiliki keunggulan yang hampir sama dengan jenis baterai Ni-Cd.

Disamping itu baterai Ni-MH mempunyai 30% kapasitas daya lebih tinggi dibandingkan dengan Baterai Ni-Cd.

Aman-nya lagi tidak memiliki zat berbahaya cadmium yang dapat merusak lingkungan dan kesehatan manusia.

Baterai Ni-MH dapat diisi ulang hingga ratusan kali sehingga dapat menghemat biaya dalam pembelian baterai disbanding dengan pengunaan baterai primer.

Jika tidak digunakan baterai Ni-MH memiliki self-discharge sekitar 40% setiap bulan. Saat ini baterai Ni-MH banyak digunakan dalam kamera dan radio komunikasi.

Meskipun tidak memiliki zat berbahaya cadmium, baterai NI-MH tetap mengandung sedikit zat berbahaya yang dapat merusak kesehatan manusia dan lingkungan hidup.

Untuk pencegahan dari bahaya tersebut maka perlu dilakukan daur ulang (recycle) dan tidak boleh dibuang di sembarang tempat.

3. Baterai Li-Ion (Lithium-Ion)

JENIS-JENIS-BATERAI-Lithium-Ion-jenis-jenis baterai-jenis jenis baterai-jenis jenis baterai aki-jenis jenis baterai hp-jenis-jenis baterai/aki-jenis jenis baterai jam tangan-jenis jenis baterai abc-jenis-jenis baterai dan penjelasannya

Baterai jenis Li-Ion (lithium-ion) adalah jenis baterai yang paling banyak digunakan pada peralatan elektronika portabel seperti digital kamera, handphone, video kamera ataupun laptop.

Baterai Li-Ion memiliki daya tahan siklus yang tinggi dan juga lebih ringan sekitar 30% serta menyediakan kapasitas yang lebih tinggi sekitar 30% jika dibandingkan dengan baterai Ni-MH.

Rasio self-discharge adalah sekitar 20% per bulan. Baterai Li-Ion ini tidak mengandung zat berbahaya cadmium, sehingga pengunaan baterai ini lebih ramah lingkungan.

Perlu diketahui, meskipun tidak memiliki zat berbahaya cadmium, baterai Li-Ion tetap mengandung sedikit zat berbahaya yang dapat merusak kesehatan manusia dan Lingkungan hidup.

Untuk pencegahan dari bahaya tersebut maka perlu juga dilakukan daur ulang (recycle) dan tidak boleh dibuang di sembarang tempat.

Nah, itulah sajian informasi mengenai jenis-jenis baterai beserta penjelasannya, semoga bermanfaat serta dapat membantu dalam belajar dan mengenalinya untuk menentukan baterai sesuai yang kita butuhkan.

Popular Search Jenis-Jenis Baterai

Jenis baterai abc jenis baterai lithium ion jenis baterai xiomai jenis baterai hp
jenis baterai jam tangan jenis baterai alkaline jenis baterai power bank terbaik jenis baterai laptop
jenis baterai cmos jenis jenis baterai jenis baterai aa berat jenis baterai
cara mengetahui jenis baterai laptop jenis jenis baterai aki jenis baterai 18650 jenis baterai vape
alat untuk mengukur berat jenis baterai jenis baterai rechargeable jenis baterai yang bisa di cas jenis baterai samsung

Pemenang Sayembara Desain Kawasan Bundaran Maruga di Umumkan, Direktur Propan Raya: Kami Merasa Bangga

0

Sayembara Desain Kawasan Bundaran Maruga Kota Tangerang Selatan resmi berakhir. Pengumuman pemenang sayembara disaksikan langsung oleh para dewan juri, pihak penyelenggara Pemerintah Kota Tangerang Selatan, IAI Provinsi Banten, PT Propan Raya, dan komunitas arsitek BDD, serta para tamu undangan, yang hadir di Ruang Blandongan, Balai Kota Tangerang Selatan.

Direktur Propan Raya, Yuwono Imanto, mengungkapkan, “Kami dari Propan Raya merasa bangga menjadi bagian dari Kota Tangerang Selatan terutama dalam pengadaan sayembara ini. Bagi kami, sayembara ini walaupun scope-nya bukan kementerian, tetapi punya nilai yang istimewa. Karena sayembaranya ini adalah sayembara kawasan.”

Adapun penetapan pemenang Sayembara Desain Kawasan Bundaran Maruga dilakukan setelah melalui beberapa proses penjurian. Pertama, seleksi administrasi pada 19-21 September 2022. Kedua, Penjurian Tahap 1 yang dilakukan secara tertutup pada 22-24 September 2022 dimana para dewan juri menetapkan 5 finalis terbaik. Ketiga, Penjurian Tahap 2 dimana 5 finalis terbaik berhak mempresentasikan karya secara terbuka di hadapan dewan juri dan dewan juri kehormatan pada 30 September 2022.

Proses Penjurian Tahap 2 ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Tangerang Selatan, Drs. H. Benyamin Davnie dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, H. Pilar Saga Ichsan S.T., M. Arch, yang juga didaulat sebagai juri kehormatan. Sementara, 5 dewan juri sayembara inti yang juga turut hadir di sesi Penjurian Tahap 2 ini, yakni Yori Antar (Arsitek Profesional), Budi Pradono (Arsitek Profesional), Dr. Bachtiar Fauzy, Ir. MT (Unsur Akademisi), Ar. Viernanda Yoga Pribadi, IAI (IAI Banten), dan Ridwan Saidi (Budayawan).

Kelima finalis diberi kesempatan yang sama, yakni presentasi pemaparan karya dalam bentuk presentasi PPT dan video. Ada 3 finalis yang melakukan presentasi secara offline di Ruang Blandongan Balai Kota Pemerintah Kota Tangerang Selatan, sementara 2 finalis lainnya melakukan sesi presentasi melalui platform zoom. Kedua finalis yang menggunakan platform zoom berasal dari Semarang dan Medan. Setelah dilakukan presentasi finalis, ketujuh dewan juri diberi kesempatan untuk bertanya, memberi masukan, kritikan, ataupun arahan.

Drs. H. Benyamin Davnie berharap, bahwa hasil dari sayembara ini dapat membuat perubahan yang lebih baik lagi bagi Kota Tangerang Selatan. Apalagi, Kawasan Bundaran Maruga merupakan salah satu elemen penting menuju pusat pemerintahan Kota Tangerang Selatan. Karena itu, keberadaannya harus dapat merepresentasikan pusat pemerintahan dalam cakupan wilayah koridor Jalan Ciater Raya hingga Jalan Benda Raya, serta dapat memberikan wajah baru bagi Kota Tangerang Selatan.

“Kawasan Bundaran Maruga akan dijadikan landmark baru Kota Tangerang Selatan dimana akan difungsikan sebagai tempat nongkrong anak-anak muda, pusat aktivitas warga, dan lain sebagainya. Tak hanya Bunderan Maruga saja yang rencananya akan kami ubah, tetapi beberapa area lainnya di Tangsel juga akan kami tata. Sehingga, diharapkan dengan adanya perubahan ini membuat Tangsel menjadi sebuah kota baru yang memiliki identitas yang kuat,” ucap Benyamin Davnie.

Hal serupa juga dipaparkan oleh H. Pilar Saga Ichsan, ST, M. Ars, selaku Wakil Wali Kota Tangerang Selatan. Sayembara ini merupakan implementasi yang dilakukan untuk mewujudkan Kota Tangsel yang lebih cantik, berestetik, dan memiliki nilai arsitektur yang kuat. Apalagi, latar belakang sang Wakil Walikota adalah lulusan S1 dan S2 teknik arsitektur Universitas Parahyangan Bandung.

“Seluruh peserta yang mengikuti sayembara ini telah menuangkan segala ide, konsep, dan gagasan desain pada Kawasan Bundaran Maruga ini untuk menjadi salah satu etalase kota yang dapat mencitrakan Tangsel sebagai kota yang cerdas, modern, dan religius,” ujar Pilar Saga Ichsan.

Sayembara Kawasan Bundaran Maruga ini merupakan sayembara ke-9 (Sembilan) yang didukung oleh PT Propan Raya. Sayembara sebelumnya, PT Propan Raya pernah berkolaborasi dengan Green Building Council Indonesia (GBCI), Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, dan Badan Ekonomi Kreatif. Walau skalanya kota, bukan berarti para peserta Sayembara Desain Kawasan Bundaran Maruga hanya berasal dari Kota Tangerang Selatan dan sekitarnya.

Berdasarkan data peserta yang mendaftar, dari 108 peserta ada yang mendaftar dari Aceh, Medan, Lampung, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Manado, Balikpapan, hingga Ternate. Dari 108 peserta yang mendaftar, ada 29 karya yang masuk ke meja panitia. Setelah dilakukan proses seleksi administrasi dan penjurian tertutup, terpilihlah 5 finalis yang masuk seleksi akhir.

Yori Antar, Ketua Dewan Juri mengumumkan pemenang Sayembara Desain Bundaran Maruga. “Bukan hal mudah bagi kami para dewan juri memutuskan siapa pemenangnya. Semua finalis termasuk yang mengirimkan karya, luar biasa. Tapi di setiap pertandingan, harus ada pemenangnya. Juara 1 diraih oleh SDBM-0064 dengan judul karya Blandongan Kota, Juara ke-2 diraih oleh SDBM-0097 dengan judul karya Selendang Mayang, dan Juara ke-3 diraih oleh SDBM-0078 dengan judul Serambi Anggrek. Sedangkan untuk Harapan 1, peserta SDBM 0059 dengan judul karya Jentera Jumantara dan Harapan ke-2 diraih oleh SDBM-0008 dengan judul karya Tarian Kebersamaan,” ujar Yori.

RA Suites Simatupang Kenalkan Layana Restaurant Mengusung konsep “All Day Dining”

0

Ra Suites Simatupang memperkenalkan tempat makan terbarunya, yakni Layana Restaurant. Berlokasi strategis di kawasan bisnis distrik Jl TB Simatupang, Cilandak Jakarta Selatan, cocok untuk para pelaku bisnis dan juga keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama.

Arsil Rusli, Corporate Executive Chef mengatakan, dengan mengusung konsep “All Day Dining”, tersedia open-kitchen buffet dan menu ala carte saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Layana Restaurant menjanjikan petualangan kuliner langsung dari lima live station. Dengan juru masak khusus yang sigap menyiapkan berbagai macam hidangan, menyajikan dominan ciri khas cita rasa Nusantara.

Adapun hidangan khas Layana Restaurant yaitu The Buntut Series, merupakan aneka ragam masakan buntut sapi antara lain the classic Sop Buntut Terbuat dari potongan ekor sapi yang dibumbui kemudian dibakar atau digoreng dan dimasukkan ke dalam kuah kaldu sapi yang agak bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri dan taburan bawang goreng.

“Kami memilih buntut sebagai jagoan kita karena kebanyakan dari orang Indonesia suka sekali dengan buntut hanya saja banyak yang terpatok dengan satu varian buntut yaitu sop buntut,” ucap Arsil.

Untuk para pecinta pedas, dia menambahkan, Buntut Balado dan Buntut Bakar Sambal Ijo merupakan menu yang direkomendasikan. Dioseng dengan tumisan kangkung yang mempertajam rasa gurih dari daging buntut dan dihidangkan dengan kuah kaldu sapi dan nasi hangat.

“Tujuan membuat menu ini adalah untuk memanjakan lidah para tamunya dan menawarkan varian rasa lain yang memberikan pengalaman special akan cita rasa baru. Dimana, buntut series di Layana Simatupang ini tidak akan kalah rasa dengan menu buntut legendaris di luar,” tegas dia.

Sebagai pelengkap, pemanis dari varian Buntut Series, Buntut Bakar Madu. Diempukkan dengan presto, lalu dibakar berbumbu madu. Diselimuti sambal bawang iris di atasnya. Disajikan bersama nasi hangat dan sayur tumis kangkung.

√ Jenis dan Macam Macam Tali, Sejarah, Kegunaan, [Lengkap]

0

macam macam tali, macam macam taliHapus istilah: macam macam tali gelang macam macam tali gelangHapus istilah: macam macam tali jam tangan macam macam tali jam tanganHapus istilah: macam macam tali kur macam macam tali kurHapus istilah: macam macam tali pita macam macam tali pitaHapus istilah: macam macam tali plastik macam macam tali plastikHapus istilah: macam macam tali pramuka macam macam tali pramukaHapus istilah: macam macam tali sepatu macam macam tali sepatuHapus istilah: macam macam tali sepatu 5 lubang macam macam tali sepatu 5 lubangHapus istilah: macam macam tali tas macam macam tali tasHapus istilah: macam macam tali temali macam macam tali temali

Pengertian Tali

Tali adalah barang yang berutas-utas panjang, dibuat dari bermacam-macam bahan seperti sabut kelapa, ijuk, plastik, dan sebagainya ada yang dipintal ada yang tidak, tujuannya untuk mengikat, menarik ,mengebat, menghela, dan sebagainya.

Definisi lain mengatakan tali ialah sebuah lapisan linier, benang, atau helai berbentuk bengkok yang dikepang bersama dalam rangka mengabungkan helai-helai tersebut kedalam bentuk yang lebih besar dan lebih kuat.

Sejarah Tali

macam macam tali, macam macam tali gelang, macam macam tali jam tangan, macam macam tali kur, macam macam tali pita, macam macam: macam macam tali plastic, macam macam tali pramuka, macam macam tali sepatu, macam macam tali sepatu 5 lubang, macam macam tali tas, macam macam tali temali,

Seperti yang kita ketahui, tali merupakam alat bantu manusia dalam segala aspek kehidupan. Dan tali ini adalah alat bantu manusia sejak zaman dulu sebelum adanya jaman modernisasi ini.

Terbentuknya tali berawal dari, penggunaan akar-akaran dan serat tanaman oleh manusia sebagai bahan pembuat tali.

Seiring dengan perkembangan jaman, manusia mulai mengembangkan tali-tali sederhana tersebut dengan manggunakan beberapa utas serat pilihan yang dipilah dan dirangkai hingga menyatu menjadi sebuah kesatuan tali.

Sekitar 28.000 tahun lalu diperkirakan manusia telah mengenal teknologi pembuatan tali. Hal ini dibuktikan dengan penemuan bentuk tali terbentuk di lempung yang terbakar di benua Eropa.

Sedangkan tali tertua ditemukan di salah satu Goa di Lascaux, Perancis berupa fosil tali berdiameter 7 milimeter. Fosil tali ini diprediksi berasal dari peradaban manusia sekitar 15.000 tahun sebelum masehi.

Pendapat Shaker (1983)

Shaker (1983) mengemukakan bahwa orang Mesir merupakan orang atau golongan manusia yang pertama menggunakan tali yaitu sejak 5000 tahun dahulu.

Pendapat Takjoedin (1981)

Pendapat lain oleh Takjoedin (1981) mendapati bahawa bangsa Yunani pada zaman pra sejarah mempunyai seorang dewa yaitu Dewa OG yang merupakan pembuat atau pencipta tali pertama.

Steven Ashton (1987)

Steven Ashton (1987) adalah seorang ahli sejarah mendapati bahwa tali pertama yang dpakai untuk aktivitas pendakian diperbuat dari pintalan serabut hemp. Selepas Perang dunia ke dua, Hawser-Laid diinformasikan manakala tali Kernmantel diperkenalkan pada tahun 1950 an.

Klasifikasi Macam-Macam Tali

Seiring perkembangan zaman manusia sekarang ini memiliki banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi dan tentunya dapat mereka penuhi dengan kemudahan, baik dalam bidang pekerjaan atau di kehidupan mereka sehari-hari.

Karena banyaknya ragam kebutuhan dari manusia tersebut, hal ini menjadikan perkembangan dan pembaruan pada tali yang digunakan menjadi berbeda-beda jenisnya.

Penyebab inovasi tersebut karena setiap tali memiliki sifat yang berbeda-beda, sehingga ada sebagian tali yang tidak cocok difungsikan pada aplikasi berat, aplikasi di dalam air, dan fungsi lainnya.

Faktor tersebut kemudian menumbuhkan perkembangan pada manusia untuk menciptakan inovasi tali yang memiliki fungsi lebih baik dan mempermudah pekerjaan manusia sendiri.

Berikut klasifikasi penjelasannya.

  • Jenis dan macam tali berdasarkan materialnya.
  • Jenis dan macam tali berdasarkan kegunaanya.

Jenis dan Macam Tali Berdasarkan Materialnya

Aneka ragam macam-macam tali berdasarakan materialnya dapat dibedakan sebagai berikut:

  • Tali material tumbuhan dan hewan
  • Tali material serat buatan
  • Tali dari material Baja

Tali dari Material Tumbuhan dan Hewan

macam macam tali, macam macam tali gelang, macam macam tali jam tangan, macam macam tali kur, macam macam tali pita, macam macam: macam macam tali plastic, macam macam tali pramuka, macam macam tali sepatu, macam macam tali sepatu 5 lubang, macam macam tali tas, macam macam tali temali,

Jenis dan Macam Macam tali dari material tumbuhan berikut penjelasannya.

  •  Jenis Tali dari Material Tumbuhan

Pertama, yaitu jenis tali dari material tumbuhan. Tali ini terbuat dari serat-serat alami tumbuhan yang dapat anda temukan diseluruh belahan dunia khususnya Indonesia sangat banyak sekali.

Contoh sebagian dari jenis tali yang terbuat dari serat-serat tumbuhan adalah : Tali dari tali manila,  serat ganja, tali rami, tali katun, tali sabut kelapa, dll.

  • Jenis Tali dari Material Hewan

Kedua, jenis tali material hewan baik itu dari bulu-bulu hewan yang digabungkan menjadi sebuah tali, maupun dari apa yang dihasilkan hewan tersebut.

Tali jenis ini biasa dimanfaatkan untuk hiasan seperti pada jenis tas dan juga pembuatan baju, karena jenis tali ini tidak memiliki daya kekuatan tarik maupun daya kekuatan angkat sekalipun.

Contoh jenis tali yang terbuat dari bulu hewan dan produksinya yaitu : Tali Bulu Ayam, Tali Benang Wol, Tali Sutera, dll.

Jenis Tali dari Material Serat Sintetis (Buatan)

macam macam tali, macam macam tali gelang, macam macam tali jam tangan, macam macam tali kur, macam macam tali pita, macam macam: macam macam tali plastic, macam macam tali pramuka, macam macam tali sepatu, macam macam tali sepatu 5 lubang, macam macam tali tas, macam macam tali temali,

Jenis tali ini adalah jenis tali dari material serat sintetis atau dapat disebut juga dengan serat buatan manusia yang bahan dasarnya terbuat dari hasil minyak bumi.

Tali buatan serat sintetis memiliki kekuatan yang lebih jika dibandingkan dengan jenis tali dari hewan dan tumbuhan.

Beberapa contoh tali dari serat sintetis buatan manusia diantaranya adalah sebagai berikut:

Adalah tali yang dibuat dari serat sintetis yang disebut polypropylene. Tali ini daya kekuatan besar sehingga sangat cocok digunakan untuk aplikasi Tarik maupun angkat.

Tali ini juga cocok digunakan dalam air karena tahan terhadap air dan lumur sehingga tidak akan terjadi pembusukan pada tali.

Adalah tali yang dibuat dari serat sintetis dengan nama serat nilon. Tali ini memiliki sifat daya yang sangat kuat bahkan kekuatannya melebihi dari pada tali polypropylene, sehingga sangat cocok dipakai untuk aplikasi tarik maupun angkat dalam beban yang lebih berat.

Adalah tali yang dibuat dari serat sintetis dengan nama polyester. Tali polyester ini dianggap cocok untuk aplikasi kegiatan kegiatan rumah tangga dan tarik, ringing, dock, blocking.

Namun tidak cocok untuk kegiatan bidang industri karena kekuatan tali ini tidak sekuat tali nilon atau setara dengan tali polypropylene.

Adalah tali yang dibuat dari serat sintetis yang diberi nama serat polyethylene. Jenis tali ini memiliki karakteristik lebih lentur (tidak kaku), Nilai breaking load rendah, tahan terhadap sinar matahari, tahan terhadap bahan kimia, dan lebih ringan karena berukuran lebih kecil.

Jenis tali polyethylen yang satu ini banyak digunakan untuk aplikasi lashing, packaging, kebutuhan Jala-jala, dan olah raga dll.

Adalah tali yang diproduksi atau terbuat dari serat sintetis yang bernama Kevlar. Serat sintetis kevlar ini pertama kali ditemukan pada dan diproduksi oleh DuPont tahun 1965.

Dari banyak kegunaannya, bahan serat sintetis kevlar ini telah digunakan untuk bahan tahan api dan pelindung anti peluru.

Tali kevlar tak kalah luar biasanya dengan tali nilon dan tali baja, karena memiliki tingkat peregangan yang lebih rendah dibandingkan dengan tali nilon.

Disamping itu tali kevlar memiliki kekuatan setara dengan tali baja yang tentunya tahan terhadap karat.

Jenis Tali Dari Material Baja

macam macam tali, macam macam tali gelang, macam macam tali jam tangan, macam macam tali kur, macam macam tali pita, macam macam: macam macam tali plastic, macam macam tali pramuka, macam macam tali sepatu, macam macam tali sepatu 5 lubang, macam macam tali tas, macam macam tali temali,

Jenis tali yang ketiga adalah jenis tali yang terbuatl dari material baja. Jenis tali ini tergolong jenis tali yang paling kuat dan kokoh karena sifat dari baja itu sendiri adalah kuat dan keras.

Pada umumnya Jenis tali ini disebut oleh masyarakat banyak dengan sebutan wire rope.

Jenis Tali Berdasarkan Kegunaannya

macam macam tali, macam macam tali gelang, macam macam tali jam tangan, macam macam tali kur, macam macam tali pita, macam macam: macam macam tali plastic, macam macam tali pramuka, macam macam tali sepatu, macam macam tali sepatu 5 lubang, macam macam tali tas, macam macam tali temali,

Seperti yanag kita ketahui bahwa setiap jenis tali tentunya digunakan untuk kegiatan yang berbeda-beda.

Dari berbagai macam macam tali tersebut tidaklah mungkin membantu semua kebutuhan manusia pada satu tali saja. Untuk itu kita bahas tali apa saja yang sesuai dengan kebutuhan kita saat itu.

Berikut Jenis tali berdasarkan kegunaannya dibedakan menjadi :

  • Tali Angkat
  • Tali Tarik
  • Tali Ikat

1. Jenis Tali Untuk Mengangkat Beban (tali Angkat)

Pertama adalah tali angkat ataujenis tali yang digunakan untuk mengangkat beban atau benda yang tidak dapat diangkat oleh manusia.

Jenis tali ini kami sebut sebagai tali anagkat, karena kegunaanya sebagai alat bantu angkat baik di bidang kehidupan sehari-hari maupun pekerjaan.

Adapun Jenis-jenis tali angkat tersebut diantaranya:

Tali polypropylene ( tali pp ), tali baja, tali nilon, tali Kevlar.

2. Jenis Tali Untuk Mengikat Benda

Jenis tali berdasarkan kegunaannya yang kedua adalah jenis tali yang digunakan untuk mengikat benda. Jenis tali ini biasa digunakan pada bidang transportasi, perkapalan, cargo, logging dll.

Tali terdebut diantaranya adalah:

Tali polyethylene ( tali pe ), tali polyester, tali manila.

3. Jenis Tali Untuk Menarik Beban

Jenis tali yang ketiga berdasarkan kegunaannya adalah jenis tali yang digunakan untuk menarik beban. Jenis tali ini biasa digunakan pada bidang transportasi dan perkapalan, diantaranya adalah:

Tali Polyester, Tali Baja, Tali Kevlar.

Penutup

Nah, demikianlah penjelasan mengenai tali selemgkapnya semoga dapat bermanfaat. Dan jangan lupa untuk tetap stay baca di sindunesia.com dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.