31.6 C
Jakarta
Wednesday, December 7, 2022
spot_img

Cara Membuat Link WhatsApp Dengan Mudah Untuk Urusan Bisnis

Hadir dengan menawarkan kemudahan dalam pengoperasian serta fitur yang cukup lengkap, WhatsApp sering dijadikan pilihan penunjang komunikasi. Tidak hanya untuk komunikasi personal saja, tetapi WhatsApp juga sering diandalkan untuk keperluan komunikasi bisnis.

Nah, berbincang tentang WhatsApp sebagai platform komunikasi bisnis, Anda akan menemukan beberapa fitur penunjang yang sangat menarik. Salah satu fitur yang dimaksud adalah fitur membuat link WhatsApp.

Pernahkah Anda mendengar fitur yang satu ini sebelumnya?

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang bagaimana cara untuk membuat link WhatsApp dengan mudah untuk menunjang bisnis yang Anda lakukan. Penasaran bagaimana saja cara yang bisa dilakukan? Simak ulasannya!

cara membuat link whatsapp

Sekilas Tentang Link WhatsApp

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan link WhatsApp tersebut?

Secara singkat, link WhatsApp adalah fitur yang tersedia untuk memudahkan seseorang menghubungi nomor Anda dengan cara mengklik link yang dibuat. 

Sebelumnya, banyak diketahui bahwa untuk bisa menghubungi seseorang dengan menggunakan WhatsApp, maka Anda harus menyimpan nomor WhatsApp tersebut sebelumnya.

Tentu saja, langkah tersebut terasa kurang praktis dalam urusan bisnis. Oleh karenanya, dengan menggunakan link ini, maka Anda bisa membagikan kontak WhatsApp Anda dengan lebih mudah. 

Calon konsumen nantinya hanya tinggal mengklik link nomor WhatsApp tanpa menyimpan nomor untuk bisa tersambung dengan Anda.

Selain memudahkan konsumen untuk tersambung dengan Anda dan melakukan transaksi bisnis, fitur link WhatsApp ini juga menawarkan keuntungan lain. Salah satunya adalah kesan bisnis yang lebih profesional.

Kesan ini tentu saja sangat penting karena berimbas pada kepercayaan konsumen. Dengan kepercayaan konsumen yang sudah terbangun, maka bisa jadi bisnis Anda nantinya akan berjalan dengan lebih lancar dan bisa mendapatkan konsumen dengan lebih banyak. 

Cara Membuat Link WhatsApp Dengan Mudah

Sebagaimana dibahas di awal bahwa sebenarnya link WhatsApp bisa dibuat dengan sangat mudah. Nah, berkaitan dengan membuat link WhatsApp tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan. 

Berikut cara membuat link WhatsApp secara mudah:

 

  • Membuat link WhatsApp dengan URL

 

Salah satu cara yang paling mudah untuk membuat link WhatsApp kontak Anda adalah dengan menggunakan URL. Hal ini dikarenakan konsep kerja link WhatsApp sendiri adalah menggunakan URL yang akan mengarahkan langsung ke kontak yang Anda gunakan.

Nah, terkait cara ini, Anda bisa menggunakan URL ini: https://api.WhatsApp.com/send?phone=

Di belakang URL tersebut, Anda hanya tinggal menambahkan nomor WhatsApp yang Anda gunakan. Nantinya, Anda akan mendapatkan link yang sudah jadi. 

Apabila seseorang atau calon konsumen Anda mengklik URL tersebut, maka secara otomatis ia akan terhubung pada nomor WhatsApp yang ada gunakan.

Sekilas, cara di atas memang sangat mudah. Hanya saja, untuk menambahkan nomor WhatsApp, Anda harus menggunakan kode negara. Untuk Indonesia, kode negara yang digunakan adalah 62 dan hilangkan 0.

 

  • Membuat link WhatsApp di bit.ly

 

Cara lain yang bisa digunakan untuk membuat link WhatsApp dengan mudah adalah menggunakan layanan bit.ly. Ini adalah layanan yang juga sangat populer dan seringkali digunakan untuk membuat link WhatsApp demi profesionalisme dalam urusan bisnis.

Perlu diketahui bahwa link WhatsApp yang Anda buat dengan langkah sebelumnya akan tampak terlalu panjang. Jika Anda berpikir untuk memiliki link yang cenderung lebih pendek, maka bit.ly bisa diandalkan untuk memperpendek URL dari link WhatsApp yang Anda buat.

Lantas, bagaimana cara untuk membuat link WhatsApp dengan menggunakan layanan bit.ly tersebut?

Berikut ini beberapa langkah mudah yang perlu Anda lakukan untuk membuat link WhatsApp melalui layanan bit.ly:

  • Pertama, buka browser pada device yang Anda gunakan dan kunjungi website resmi dari bit.ly yaitu www.bitly.com
  • Pada laman utama bit.ly, copy dan paste link WhatsApp yang sudah Anda buat sebelumnya di kolom yang tersedia
  • Klik tombol shorten yang tersedia
  • Sekarang, Anda akan mendapatkan link WhatsApp yang cenderung lebih pendek dan juga lebih rapi
  • Copy URL dari link WhatsApp baru dari hasil edit di bit.ly tersebut
  • Selesai 

Dengan beberapa langkah di atas, Anda kini sudah memiliki link WhatsApp yang cenderung lebih rapi dan lebih pendek. Selanjutnya Anda bisa membagikan link WhatsApp tersebut sesuai dengan kebutuhan, terutama untuk memudahkan calon konsumen menghubungi nomor WhatsApp yang Anda gunakan.

 

  • Membuat link WhatsApp di Instagram

 

Tidak dimungkiri bahwa Instagram kini menjadi platform promosi bisnis yang menarik. Dengan beragam fitur yang dimiliki, terutama inovasi yang ditawarkan, Instagram sangat efektif untuk menjaring konsumen baru.

Memang, Instagram juga memiliki menu DM untuk berkomunikasi. Namun, untuk Anda yang berbisnis menggunakan Instagram dan ingin membangun profesionalisme, maka ada baiknya jika Anda membuat link WhatsApp di akun Instagram tersebut.

Tentu saja, tujuan dari pembuatan link ini adalah untuk memudahkan konsumen menghubungi Anda setelah melihat promosi di Instagram. Nah, untuk membuat link WhatsApp di Instagram, langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Instagram 
  • Setelah login, masuk ke menu profil Instagram 
  • Klik pada opsi edit profile yang terpampang di halaman depan
  • Jika sudah, paste link WhatsApp yang sudah Anda buat dengan cara pertama sebelumnya di kolom website profil Instagram Anda
  • Terakhir, tap ikon centang untuk menyimpan peraturan yang baru
  • Selesai 

Hanya dengan sekali klik saja, kini calon konsumen bisa terhubung dengan nomor yang Anda gunakan. 

Dalam hal ini, ada baiknya jika Anda sudah memperpendek link WhatsApp tersebut menggunakan bit.ly. Dengan link yang lebih pendek, tampilan profile Instagram Anda pun akan terlihat lebih rapi.

 

  • Membuat link WhatsApp secara otomatis

 

Satu lagi cara membuat link WhatsApp yang perlu Anda ketahui, yaitu dengan menggunakan cara otomatis. Sesuai namanya, cara ini bisa dilakukan secara otomatis tanpa aplikasi atau situs tambahan..

Nah, untuk membuat link WhatsApp secara otomatis, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka website wizard.id menggunakan browser yang Anda gunakan
  • Selanjutnya, isi nomor WhatsApp yang Anda gunakan dan pesan WhatsApp otomatis yang ingin Anda tampilkan
  • Jika sudah, klik bagian preview
  • Apabila sudah benar, maka klik generate link
  • Link akan dibuat dan Anda hanya tinggal menyalin link WhatsApp yang sudah disediakan tersebut
  • Selesai 

Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan link WhatsApp hanya dalam beberapa detik saja. Selanjutnya, Anda bisa memasang link tersebut baik di Instagram atau platform bisnis online lainnya.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat link WhatsApp? Berbekal link tersebut, nantinya Anda bisa terhubung dengan konsumen lebih mudah dan bisnis Anda pun akan terlihat lebih profesional. Anda pun tidak perlu lagi menuliskan nomor WhatsApp secara manual pada setiap pelanggan yang ingin berkomunikasi via WA.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,603FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles