28.4 C
Jakarta
Sunday, October 2, 2022
spot_img

Cara Mulia Mewujudkan Sikap Cinta Tanah Air

cinta tanah air

Cinta Tanah Air – Setiap masyarakat tentu harus punya rasa cinta tanah air. Menurut maknanya, cinta tanah air artinya sikap wajib dan jadi bagian dalam hidup setiap warga negara.

Setiap warga negara, memang seharusnya punya jiwa dan rasa cinta terhadap tanah air. Cinta tanah air adalah contoh sikap yang menunjukkan sikap kebangkitan nasional. Sikap ini nantinya akan menjadikan seorang warga negara jadi lebih mengedepankan kepentingan negara.

Jiwa yang sudah tertanam cinta tanah air, pasti akan tampak pada setiap sikap keseharian-nya. Orang yang mencintai tanah airnya, akan bersikap seolah olah kepentingan negara adalah yang paling utama. Jiwa membangkitkan negaranya sangat tinggi untuk meraih kesejahteraan negara.

Perwujudan Sikap Cinta Tanah Air

Perwujudan Sikap Cinta Tanah Air

Seperti yang dikatakan sekilas di atas, sikap orang yang sudah cinta terhadap tanah airnya akan nampak pada setiap kebiasaan-nya.

Ada banyak sekali wujud sikap yang bisa ditampilkan ketika jiwa sudah cinta terhadap tanah air.

Cinta tanah air berkaitan dengan semangat menumbuhkan rasa syukur atas kemerdekaan tanah air. Agar lebih memahami, berikut ini ada beberapa contoh wujud sikap cinta tanah air:

1. Mengaplikasikan Bahasa Indonesia Saat Berkomunikasi

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional bangsa Indonesia. Orang yang cinta pada tanah airnya, seharusnya bisa mengaplikasikan bahasa Indonesia yang baik dan benar saat berbicara.

Dengan memakai bahasa Indonesia yang baik, maka seseorang telah mewujudkan kecintaan-nya terhadap tanah airnya. Ini adalah salah satu sikap yang harus ditanamkan sejak dini.

2. Turut Serta dalam Pemilu

Kegiatan pemilihan umum, merupakan kegiatan yang peran-nya sangat penting. Dalam kegiatan ini, suara Anda akan sangat berarti untuk memilih pemimpin yang amanah bagi negara.

Kecintaan pada tanah air juga bisa diwujudkan dengan turut serta menggunakan suaranya dalam pemilihan umum tersebut. Dengan begitu, bisa terlihat kepedulian pada masa depan bangsa melalui pemilihan pemimpin negara.

3. Melestarikan Kebudayaan Yang Baik

Ada banyak sekali nilai kebaikan dalam sebuah kebudayaan yang tercipta. Indonesia sendiri merupakan negara yang kaya akan keberagaman budayanya. Sebagai warga negara yang baik, Anda bisa belajar untuk mulai melestarikan kebudayaan ini.

Salah satu caranya adalah dengan mengikuti setiap kegiatan kebudayaan tertentu. Selain itu, mentaati norma yang menjadi budaya suatu wilayah, juga bisa digolongkan sebagai sikap cinta tanah air.

4. Turut Memperingati Hari Kemerdekaan

Hari kemerdekaan adalah hari yang sangat penting bagi Indonesia. Bahkan tidak hanya bagi Indonesia, namun juga bagi seluruh negara yang ada di dunia.

Warga negara yang cinta pada tanah airnya, memang sudah seharusnya turut serta dalam merayakan hari kemerdekaan.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali kegiatan yang mewujudkan adanya perayaan kemerdekaan. Sikap yang seharusnya Anda miliki adalah dengan mengikuti setiap rangkaian kegiatan kemerdekaan.

Meskipun tidak dihukumi wajib, namun sikap ini bisa dinilai sebagai sikap menghargai dan mencintai tanah air.

5. Menjunjung Tinggi Hukum Negara

Indonesia adalah negara hukum. Jika Anda mencintai negara, maka sudah seharusnya Anda mentaati dan mengimplementasikan setiap hukum yang berlaku dalam negara. Menjunjung keadilan juga tergolong sebagai sikap mentaati hukum negara.

Tidak hanya warga biasa, setiap pemimpin yang ada di Indonesia juga seharusnya turut menjunjung tinggi hukum dan keadilan yang ada di Indonesia.

6. Belajar Sungguh-Sungguh

Salah satu contoh cinta tanah air di lingkungan sekolah, dapat diwujudkan dengan tekad belajar sungguh-sungguh. Jika anak belajar sungguh-sungguh, maka kedepan-nya ia akan menjadi siswa yang cerdas.

Dengan kecerdasan-nya tersebut, anak bisa menciptakan hal-hal baru yang bisa mengharumkan nama bangsa. Selain itu, belajar sungguh-sungguh juga bisa menjadi perwujudan untuk membuktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang cerdas.

7. Gotong Royong

Kegiatan gotong royong, merupakan kegiatan sosial yang harus ditanamkan dan diaplikasikan di setiap tempat. Gotong royong tidak hanya menjadi perwujudan Sikap sosial. Sikap ini juga bisa menjadi wujud kecintaan pada tanah air.

Dengan bergotong royong, maka Anda juga menciptakan kehidupan rukun antar warga. Warga yang rukun merupakan bukti bahwa Indonesia adalah bangsa yang tentram dan makmur. Mewujudkan warga yang saling rukun juga menjadi bukti kecintaan pada tanah air.


Baca Juga:


Cara Tanamkan Kecintaan Pada Tanah Air

Cara Tanamkan Kecintaan Pada Tanah Air

Jika ditarik garis besarnya, tidak hanya sikap-sikap yang sudah disebutkan di atas. Ada 4 metode yang bisa digunakan untuk menanamkan kecintaan pada tanah air sejak dini. Beberapa metode tersebut di antaranya adalah:

1. Metode Gambar

Dibandingkan tulisan, anak kecil akan lebih mudah merekam bentuk gambar dalam memori otaknya. Metode gambar ini bisa diwujudkan dengan cara mengenalkan gambar-gambar para pahlawan dan situasi saat memperjuangkan kemerdekaan

Dengan dikenalkan-nya gambar-gambar nasionalisme ini, maka jiwa cinta terhadap tanah air akan tertanam dengan sendirinya. Anak-anak akan terbiasa mengenal wajah para pahlawan dan situasi perjuangan kemerdekaan.

Secara tidak langsung, dalam jiwa anak tersebut juga akan muncul rasa semangat mempertahankan kemerdekaan yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan dahulu kala.

2. Metode Bernyanyi

Tidak hanya gambar, anak kecil juga sangat suka dengan kegiatan bernyanyi. Agar kecintaan pada tanah air bisa tertanam kuat dalam jiwa anak, maka Anda bisa memakai metode ini. Caranya adalah dengan memperkenalkan lagu-lagu nasional.

Apalagi saat ini lagu nasional juga dijadikan sebagai bahan ujian praktik untuk beberapa sekolah menengah. Sehingga jika anak sudah dibiasakan hafal sejak, ia akan mudah mengingat saat sudah besar.

3. Metode Wisata

Ternyata, berwisata juga bisa dijadikan sebagai alat untuk menenamkan cinta tanah air. Saat mengadakan event berwisata, ada banyak sekali tempat bersejarah yang bisa dipilih sebagai tujuan. Salah satu contoh tempat bersejarah adalah museum pahlawan.

Meskipun tidak secara langsung mengenalkan jasad para pahlawan, Anda bisa mengenalkan anak-anak pada jenis senjata yang sering digunakan para pahlawan dulu. Sedikit banyak museum akan memberikan pelajaran berharga pada anak-anak. Nah, dari situ, akan tertanam jiwa cinta tanah air.

4. Metode Dongeng

Satu lagi kegiatan yang sangat disukai oleh anak-anak adalah mendengarkan dongeng. Saat didongengi, secara otomatis akan tumbuh imajinasi kreatif dalam otak anak-anak. Dongeng yang disampaikan sejak dini, akan tertanam kisahnya dalam memori anak hingga besar.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan metode dongeng ini sebagai jembatan mengenalkan jiwa nasionalisme pada anak.

Anda perlu membiasakan berdongeng tentang kisah-kisah kepahlawanan pada anak, sehingga anak akan tumbuh jiwa kebangkitan nasionalnya.

Metode-metode yang sudah disebutkan di atas, bisa menjadi acuan dan pedoman untuk Anda yang ingin menanamkan jiwa cinta tanah air pada anak sejak dini. Wujud-wujud sikap rela berkorban dan beberapa sikap di atas, juga menjadi contoh kecintaan pada tanah air.

Sebagai warga negara yang mencintai tanah air, Anda juga seharusnya menanamkan sikap dan metode yang sudah disebutkan di atas. Dengan demikian, maka Indonesia bisa menjadi negara yang lebih baik.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,508FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles