28.4 C
Jakarta
Sunday, October 2, 2022
spot_img

Check Coverage iPhone, Asli Atau Palsu?

Sebagai brand yang terkenal dengan kesan eksklusif, hampir semua unit iPhone dibandrol pada harga tinggi. Ini tentu berbeda dengan ponsel-ponsel Android yang umumnya dijual dengan harga relatif miring. 

Namun, harga yang berikan juga berbanding lurus dengan kualitas dan fitur yang ditawarkan oleh iPhone itu sendiri. Kualitas inilah yang menarik banyak orang untuk memiliki produk tersebut meskipun harganya mahal. 

Sayangnya, hal tersebut banyak dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk menduplikasi atau memproduksi replika iPhone. 

Oleh sebab itu, sebelum membeli unit iPhone, Anda perlu memperhatikan beberapa hal termasuk garansi atau coverage yang diberikan oleh perusahaannya.

Check coverage iPhone ini perlu dilakukan untuk mengetahui keaslian produk. Jangan sampai Anda membeli barang mahal-mahal namun yang datang malah produk palsu. 

Nah, untuk melakukan pengecekan ini, iPhone sudah memberikan layanan khusus ketika Anda melakukan pembelian produknya. Dengan layanan ini Anda bisa mengecek garansi semua tipe iPhone.

check coverage iphone

Jenis Coverage iPhone

Sebelum melakukan check coverage iPhone, Anda perlu tahu jenis garansi yang diberikan oleh brand ini. Berikut ini jenis coverage yang diberikan iPhone kepada penggunanya.

1. Garansi Internasional

Jenis coverage pertama yang akan didapatkan oleh pengguna iPhone adalah garansi internasional. Garansi ini diperuntukkan bagi pengguna yang melakukan pembelian produk di luar negeri. 

Garansi internasional dapat diperoleh di negara mana pun yang memiliki reseller resmi iPhone. Namun ada beberapa produk iPhone yang garansinya hanya bisa didapatkan dari negara tempat membeli saja.

2.  Garansi Resmi

Selain garansi internasional, ada juga garansi resmi dari Apple langsung. Biasanya garansi ini akan diberikan setelah 1 tahun pembelian produk sesuai syarat dan ketentuan iPhone. 

Jenis garansi ini diberikan ketika Anda membeli produk iPhone pada distributor resmi. Hanya saja, Anda perlu hati-hati terhadap distributor yang menyalahgunakan nama Apple untuk menjual barang palsu.

3. Garansi Untuk iPhone Rekondisi

Selanjutnya ada jenis garansi yang dapat diperoleh pengguna adalah covrage untuk iPhone rekondisi dengan masa 1 tahun setelah pembelian produk.

iPhone yang telah direkondisi artinya ada perbaikan atau perakitan ulang terhadap produk terutama pada bagian mesin. Hal ini dilakukan untuk memperbarui kondisi ponsel seri lama sehingga dapat mengikuti seri terbaru. 

4. Garansi Untuk iPhone Rekondisi BM

Jika lama garansi untuk produk iPhone rekondisi adalah 1 tahun, untuk jenis coverage ini hanya 1 bulan saja. iPhone rekondisi BM ini merupakan produk yang didaur ulang dari sparepart Hp iPhone tipe lama yang berasal dari black market.

Back Market sendiri adalah sebutan untuk pasar yang menjual produk-produk illegal. Harga yang ditawarkan tentu saja jauh lebih murah dibanding produk yang ditawarkan oleh distributor resmi Apple. 

Sayangnya, iPhone dari BM ini seringkali memiliki banyak masalah, termasuk menggunakan pajak palsu bahkan tidak disertai kartu garansi.

5. Garansi iPhone Refurbish

Garansi jenis lainnya adalah coverage untuk iPhone Refurbish. Produk refurbish ini sama halnya dengan rekondisi, yakni di rakit ulang. Namun perbedaannya adalah, produk refurbish dirakit langsung oleh perusahaan Apple bukan distributor seperti rekondisi. 

Perbedaan ini juga menyebabkan kedua produk ini dijual pada harga berbeda, di mana iPhone refurbish lebih mahal. 

Produk ini juga memiliki garansi resmi dari Apple seperti iPhone baru. Namun tentu performa iPhone refurbish berbeda dengan produk yang baru karena perangkat yang digunakan adalah mesin bekas produk gagal produksi.

Cara Check Coverage iPhone

Pembahasan selanjutnya yaitu bagaimana mengecek garansi yang diberikan iPhone. Langkah ini sangat penting untuk dilakukan guna memastikan produk yang dibeli adalah barang asli dari Apple. 

Cara check coverage iPhone ini dapat dilakukan setelah Anda mengetahui IMEI ponsel atau nomor seri yang berupa deret angka khusus.

Cek IMEI iPhone

Seperti yang sudah disinggung di atas, langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mengecek garansi pada produk iPhone, ketahui dulu nomor seri atau IMEInya. 

Anda dapat melihat nomor seri ini melalui pengaturan ponsel Anda dengan langkah berikut ini:

  • Pertama, masuk ke menu Setting  pada iPhone Anda.
  • Kedua, klik menu General dengan ikon roda abu-abu bergerigi.
  • Ketiga, klik menu About dan akan muncul nomor seri iPhone Anda pada bagian Serial Number.
  • Anda bisa mencatat nomor seri ini untuk mengecek garansi perangkat iPhone.

Cek Coverage Melalui Perangkat iPhone

Setelah Anda memperoleh nomor seri atau IMEI perangkat iPhone, selanjutnya masuk ke tahap pengecekan. 

Di sini Anda akan menggunakan cara klasik dengan memanfaatkan fitur bawaan pada iPhone untuk mengecek garansi perangkat. Caranya cukup mudah, di mana Anda hanya perlu melanjutkan cara di atas:

  • Pertama, masuk ke menu Setting  pada iPhone Anda.
  • Kedua, klik menu General dengan ikon roda abu-abu bergerigi.
  • Ketiga, klik menu About dan pilih Limited Warranty lalu akan muncul coverage perangkat.  Pada menu ini pengguna dapat melihat jenis garansi yang diberikan serta informasi serupa lainnya secara detail yang menunjukkan keaslian produk yang dibeli.

Cek Coverage Melalui Situs Resmi Apple

Opsi lain yaitu Anda bisa mengecek coverage iPhone melalui situs resmi Apple. Ini akan sangat berguna jika Anda belum memegang langsung produk iPhone dan melakukan pengecekan seperti langkah kedua di atas. 

Nah, berikut ini langkah melakukan pengecekan coverage iPhone melalui situs resmi Apple:

  • Pertama, buka Google lalu ketikkan checkcoverage.apple.com pada kolom URL.
  • Kedua, ketik nomor seri atau IMEI iPhone yang telah Anda dapatkan sebelumnya di kotak Enter your serial number.
  • Ketiga, masukkan kode captcha untuk verifikasi diri pada bagian bawah kolom IMEI, lalu klik Continue. Setelah halaman ini terbuka, Anda dapat melihat berbagai informasi coverage dari produk yang Anda beli secara lengkap.

Cara Klaim Garansi iPhone

Sebagai pemula dalam menggunakan produk-produk iPhone, Anda tentu perlu paham bagaimana cara mengklaim garansi dari brand Apple ini. 

Secara umum, cara yang harus dilakukan untuk mengklaim garansi iPhone yakni dengan menghubungi Apple Support dan kemudian dihubungkan ke AASP. Jika Anda berada di Indonesia, hubungi 0800 102 7753 untuk klaim garansi iPhone. 

Nomor ini menghubungkan pengguna dengan pihak Apple Support Indonesia untuk mendapatkan nomor case. 

Jelaskan keluhan Anda seputar produk lalu ikuti arahan pihak Apple dan kunjungi AASP. Tunggu hingga proses keluhan ini berlangsung hingga pemberitahuan klaim ditolak atau diterima. Akan ada penggantian produk jika masih tersedia.

Nah itulah informasi terkait bagaimana cara check  coverage iPhone. Penting mengetahui keaslian produk iPhone yang dibeli, dan jangan sampai Anda merugi membeli ponsel mahal namun kualitas yang didapatkan tidak setara. 

Selain itu, pastikan pula Anda membeli iPhone secara resmi. Mengingat ponsel dengan IMEI ilegal tidak akan bisa digunakan untuk mengakses internet di Indonesia.

Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda sebelum membeli produk iPhone.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,508FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles