32.4 C
Jakarta
Sunday, October 2, 2022
spot_img

TERBAIK! Inspirasi Peluang Usaha di Desa yang Cocok & Bisa Berkembang

Peluang Usaha di Desa

Peluang Usaha di Desa – Dalam menopang perekonomian nasional, desa memiliki kontribusi yang cukup besar dan tidak diragukan lagi.

Ditambah lagi dengan adanya program pembangunan yang diprioritaskan oleh pemerintah pusat. Itulah sebabnya banyak peluang usaha di desa yang bisa dikembangkan lagi.

Hal ini akan menjadi kesempatan yang baik bagi penduduk setempat, untuk menjelajahi peluang apa saja yang bisa dipilih di desa tersebut.

Tak hanya di kota, perkembangan akan usaha/bisnis di desa juga bisa mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang baik.

Inspirasi dan Rekomendasi Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan

Kembalinya para sarjana ke desa mereka masing-masing, menjadikan hal itu sebagai sumber daya terbesar bagi desa. Mereka bisa ikut menggerakkan perekonomian desa yaitu dengan mendirikan usaha yang cocok di sana.

Berikut ini inspirasi dan juga rekomendasi dari beberapa peluang di desa yang bisa Anda lakukan:

1. Peluang Usaha (Bisnis Pulsa)

Peluang Usaha (Bisnis Pulsa)

Tak hanya orang kota saja yang memiliki handphone atau smartphone. Tapi kini banyak juga masyarakat di desa yang menggunakan ponsel untuk kegiatan sehari-harinya. Maka dari itu, usaha atau bisnis pulsa, bisa menjadi salah satu peluang yang menguntungkan.

Walaupun termasuk ke dalam jenis usaha kecil, tetapi bisnis pulsa bisa menghasilkan untung yang cukup besar. Maka Anda tidak akan kesulitan dalam menemukan agen atau distributor pulsa tersebut.Unik

nya, bisnis pulsa memiliki jaringan atau pasar yang sangat luas karena pulsa sudah menjadi kebutuhan banyak orang saat ini.

Jadi, tak hanya menguntungkan di kota besar saja tetapi bisnis ini juga menguntungkan di desa, karena dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat.

2. Peluang Usaha (Berjualan Token Listrik)

Peluang Usaha (Berjualan Token Listrik)

Hampir setiap rumah di desa saat ini juga sudah menggunakan listrik, yang dimana cara pengisiannya adalah dengan menggunakan token. Anda bisa memanfaatkan situasi tersebut dengan berjualan token listrik di wilayah pedesaan.

Sama dengan bisnis pulsa, usaha token listrik ini juga akan sangat menguntungkan. Dalam menjalankan usaha ini tak ada syarat khusus yang harus dilakukan. Cari saja distributor untuk token listrik di sekitar wilayah pedesaan tersebut.

Tingkat kerugian dalam berjualan token listrik ini juga terbilang rendah, karena listrik juga telah menjadi kebutuhan utama setiap orang.

3. Peluang Usaha Galon

Peluang Usaha Galon

Peluang usaha di desa lainnya yang juga bisa Anda pilih adalah berjualan minuman air mineral galon. Pada umumnya sumber air minum di desa cukup banyak dan berlimpah, kualitas air tanahnya pun terbilang baik dibanding dengan di kota.

Maka dari itu, Anda bisa membuka usaha depot air minum galonan. Apalagi alat instalasi yang biasa digunakan untuk depot air minum saat ini mudah ditemukan.

Pemakaian dispenser listrik yang semakin meningkat, juga menjadi hal yang menguntungkan bagi usaha depot air minum galon saat ini. Prospek usaha yang satu ini memang cukup baik di masa mendatang.

4. Jasa Cukur atau Pangkas Rambut

Jasa Cukur atau Pangkas Rambut

Masih ada lagi pilihan peluang usaha di desa yang juga bisa Anda jalankan saat ini, yaitu membuka jasa cukur atau pangkas rambut.

Untuk menikmati jasa barber shop, masyarakat desa pun tak harus jauh-jauh ke perkotaan jika Anda membuka usahanya di desa.

Hal ini juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi para sarjana muda yang ingin memajukan desanya.

Namun dalam membuka usaha jasa pangkas rambut ini, Anda harus memiliki keahlian yang baik dalam memangkas atau memotong rambut.

Anda bisa mengikuti pelatihan khusus dalam memangkas rambut, dengan harga terjangkau. Usaha jasa pangkas rambut yang dijalankan di wilayah pedesaan ini bisa sangat fleksibel. Anda bisa membuka di tempat atau melayani jasa panggilan untuk masyarakat sekitar.

Baca Juga:

5. Berjualan Kue-Kue Tradisional

Berjualan Kue-Kue Tradisional

Berbisnis atau menjalankan usaha di desa juga bisa di bidang kuliner, misalnya dengan berjualan kue tradisional. Biasanya setiap desa di setiap wilayah tertentu, memiliki makanan khasnya sendiri.

Anda bisa menggunakan makanan khas daerah setempat untuk kemudian diperjualbelikan. Jenis usaha kuliner ini juga biasanya diminati oleh banyak orang di perkotaan. Anda juga bisa menjualnya secara online dengan kemasan yang modern, higienis, dan kekinian.

Penjualan online ini bisa dilakukan hingga ke wilayah perkotaan, tak hanya di desa saja. Usaha potensial yang satu ini, juga tidak memerlukan jumlah modal yang besar.

Maka hal ini bisa menjadi cara yang jitu dalam memperbaiki kehidupan pertanian di desa, dengan memanfaatkan salah satu hasil tani di sana untuk diolah menjadi kue tradisional.

6. Usaha Pertanian Hidroponik

Usaha Pertanian Hidroponik

Cara penanaman tanaman dengan mengandalkan media tanam air dengan cara menambahkan segala macam nutrisi, disebut dengan pertanian hidroponik. Pada wilayah perkotaan, jenis usaha ini juga sedang banyak diminati karena hasilnya yang cukup besar.

Apalagi masyarakat desa sudah terbiasa hidup dengan wilayah pertanian, maka menjalankan usaha tanam hidroponik tidak akan terlalu sulit. Cara menjalankan usahanya juga mudah untuk dipelajari.

Bahan instalasi yang diperlukan di pedesaan juga cukup mudah ditemukan. Anda juga bisa belajar cara penanaman hidroponik melalui Youtube.

7. Ternak Ayam Kampung

Ternak Ayam Kampung

Masih ada lagi jenis peluang usaha di desa yang bisa Anda jalankan saat ini yaitu ternak ayam kampung. Secara umum wilayah di pedesaan memiliki lahan yang cukup luas. Lingkungannya pun cukup kondusif untuk menjalankan ternak ayam tersebut.

Dibandingkan dengan usaha ternak sapi/kambing, usaha ternak ayam kampung modalnya lebih rendah.

Anda juga memiliki kesempatan untuk bisa bermitra dengan perusahaan di bidang peternakan dan pangan, yang bisa membantu para peternak dari awal proses beternak hingga masa panen.

8. Usaha Menyewakan Alat Pertanian

Usaha Menyewakan Alat Pertanian

Jika Anda memiliki jumlah modal yang cukup banyak dan terbilang besar, sebaiknya mencoba membuka usaha sewa alat pertanian. Usaha yang satu ini cocok sekali jika dijalankan di desa karena target pasarnya jelas.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa mayoritas masyarakat pedesaan memiliki profesi sebagai petani. Maka usaha sewa alat pertanian akan menjadi jenis usaha yang tepat dan menjanjikan.

Pada musim-musim tertentu, permintaan akan sewa alat tani ini biasanya akan meningkat. Misalnya alat untuk membajak sawah ketika sedang masa panen.

9. Peluang Usaha Jahit (Tailor)

Peluang Usaha Jahit

Peluang usaha di desa tak hanya terbatas di bidang tertentu saja, bahkan Anda juga bisa membuka usaha jahit pakaian.

Cakupan usahanya luas dan Anda akan memiliki kesempatan besar dalam melakukan inovasi baru di bidang jahit menjahit ini.

Kini, ada banyak opsi dalam memperoleh mesin jahit yang nantinya akan digunakan untuk usaha tersebut. Jumlah modal di awalnya memang cukup besar, tetapi hasilnya akan lebih menguntungkan.

Kebanyakan masyarakat desa akan berbelanja ke kota saat membeli pakaian, tetapi dengan adanya usaha jahit ini mereka akan lebih memilih untuk menjahit pakaian di tempat Anda.

Kesimpulan Peluang Usaha di Desa

Sebenarnya, masih banyak lagi jenis peluang usaha di desa lainnya yang mungkin sesuai dengan keahlian Anda saat ini. Untuk itu, cobalah selami keahlian Anda lalu buat bisnis yang masih berkaitan dengan keterampilan tersebut.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,508FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles