31.1 C
Jakarta
Thursday, February 9, 2023
spot_img

Upcycling Fashion Bisa Jadi Cara Kreatif Untuk Jaga Bumi

Pakaian menjadi kebutuhan pokok masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semakin ke sini permintaan pasar meningkat dengan bertambahnya minat masyarakat terhadap fashion dan tren fashion yang berputar begitu cepat.

Sayangnya, hal tersebut bukan hanya memberikan pengaruh baik terhadap industri tekstil, melainkan juga menyebabkan tingginya limbah fashion yang berasal dari produksi pakaian.

Berdasarkan data secara global, limbah tekstil diperkirakan menyumbang 92 ton dalam setahun yang dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Bahkan menurut laporan International Union for Conservation of Nature pada tahun 2017, tekstil akan menjadi sumber polusi mikroplastik laut terbesar di dunia.

Lantas bagaimana cara Anda berpartisipasi terhadap kelestarian lingkungan?

Dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup berpakaian, Anda juga dapat berpartisipasi menjaga bumi dalam industri tekstil. Zerowaste.id sebagai komunitas yang menjalani gaya hidup dengan meminimalisasi produksi sampah ini memberikan tips cara bentuk penerapan fashion berkelanjutan, berupa reduce, reuse, repair, dan recycle.

Reduce: Jika lemari Anda sudah terlalu penuh dan banyak pakaian yang banyak tidak terpakai lagi, Anda dapat mengurangi dengan berdonasi atau menjualnya sebagai preloved.

Reuse: Masih tidak rela melepas pakaian kesayangan Anda karena memiliki cerita dibaliknya? Anda dapat menggunakan kembali atau mengalihkan fungsi pakaian tersebut.

Repair: Baju yang belum terlihat usang, namun telah rusak seperti bolong atau sobek, sebaiknya Anda perbaiki dengan menjahitnya. Sehingga pakaian tersebut bisa Anda gunakan kembali.

Recycle: Sedangkan untuk baju yang sudah tidak bisa digunakan lagi karena sudah usang, Anda dapat menyalurkan ke wadah yang dapat menampung limbah tekstil sehingga dapat di daur ulang

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,706FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles